ABSTRAK
Pendidikan IPA harus didukung oleh proses
pembelajaran yang kondusif. Keberhasilan belajar berkorelasi dengan
semakin tingginya tingkat penguasaan materi dan pemahaman serta ketuntasan
dan hasil belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada
tidaknya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif Think Pair Share berbantuan media power
point interaktif pada materi sistem tata surya siswa kelas
VI di SD Negeri Milangasri 1 Magetan.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain
penelitian nonequivalent control group desaign. Lokasi
penelitian di SDN Milangasri 1 Magetan. Populasinya siswa kelas VI SDN Milangasri
1 Magetan, dan sampelnya kelas VI-A dan VI-B. Variabel bebas di penelitian ini
model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan
media pembelajaran Power Point interaktif pada kelas VI di SD
Negeri Milangasri 1 Magetan, variabel terikatnya hasil belajar IPA pokok
bahasan sistem tata surya dan variabel kontrolnya guru kelas ekperimen dan
kelas kontrol, materi sistem tata surya, indikator soal dan tingkat kesukaran
yang digunakan untuk soal Pre Test dan Post Test , alokasi
waktu tidak berubah-ubah, dan kemampuan siswa yang sama. Instrumen yang
digunakan berupa lembar tes dan rubrik penilaian.
Teknik pengumpulan datanya berupa teknik
tes. Teknik analisis instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji
taraf kesukaran dan Uji daya pembeda soal. Analisis hasil menggunakan uji normalitas,
homogenitas, uji Independent sample t – test ., dan uji n-
gain ternormalisasi. Hasil uji hipotesis (Independent sample t – test)
menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,034 yang berarti Ho
ditolak atau ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif
tipe Think Pair Share berbantuan media Power
point Interaktif pada materi sistem tata surya terhadap hasil
belajar IPA pada siswa kelas VI. Hasil uji N-gain menunjukkan rata-rata skor
kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh
skor 0,60 yang termasuk dalam kategori sedang dan kelas kontrol mendapatkan
skor 0, 12 termasuk dalam kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan
media Power Point Interaktif pada materi sistem tata
surya terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VI dapat meningkatan
hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Kata kunci : Model
Pembelajaran, Kooperatif tipe Think Pair Share , Power Point Interaktif, Hasil Belajar