Implementation of Literacy Cadre Training (PKL) for Regional Managers of the Ta'lif Wa Nasyr Nahdlatul Ulama Institution (PW LTNNU) East Java in the Guidance and Counseling (BK) Perspective
ABSTRAK
Rengganis, Diah Ayu. 2024. Pelaksanaan Pelatihan Kader Literasi (PKL) Pengurus Wilayah Lembaga Ta’lif Wa Nasyr Nahdlatul Ulama (PW LTNNU) Jawa Timur Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling (BK). Tesis, Program Studi Bimbingan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd. dan (II) Prof. Dr. Endang Pujiastuti Sartinah M.Pd.
Penelitian ini memaparkan terkait kegiatan Pelatihan Kader Literasi oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Pengurus Wilayah Lembaga Ta’lif Wa Nasyr Nahdlatul Ulama (PW LTNNU) Jawa Timur. Untuk menumbuhkan kesadaran dalam literatur. Dengan pemberian materi terkait bagaimana metode penelitian, cara menulis dengan gaya features, menghasilkan karya berupa tulisan, hingga praktik langsung per kelompok sesuai daerah masing-masing. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menjelaskan secara langsung pelaksanaan kegiatan melalui proses Bimbingan, yang merupakan salah satu dari keilmuan Bimbingan Konseling. Sedangkan data yang dikumpulkan menggunakan Teknik Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh bahwa kegiatan PKL dalam perspektif BK bisa meningkatkan literacy skill terutama dalam praktik menulis bagi para anggota LTNNU khususnya di Jawa Timur.
Kata Kunci: Literasi, PKL, Perspektif BK
Abstract
Rengganis, Diah Ayu. 2024. Implementation of Pelatihan Kader Literasi (PKL) Pengurus Wilayah Lembaga Ta’lif Wa Nasyr Nahdlatul Ulama (PW LTNNU) Jawa Timur In a Guidance Counseling Perspective. Thesis, Postgraduate Counseling Guidance Study Program, Faculty of Education, Universitas Negeri Surabaya. Supervisors: (I) Prof. Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd. and (II) Prof. Dr. Endang Pujiastuti Sartinah M.Pd.
This research describes the Literacy Cadre Training activities by the Regional Management of the Nahdlatul Ulama Regional Management of the Ta'lif Wa Nasyr Nahdlatul Ulama Institution (PW LTNNU) East Java. To foster awareness in literature. By providing material related to research methods, how to write in a featured style, producing written work, and direct practice for each group according to their respective regions. This research method uses a descriptive qualitative approach which explains directly the implementation of activities through the Guidance process, which is one of the Guidance Counseling disciplines. Meanwhile, the data collected used observation, interview and documentation study techniques. The data analysis techniques used are Data Collection, Data Reduction, Data Presentation, and Conclusions. Based on the research results, it was found that PKL activities from a BK perspective could improve literacy skills, especially in writing practice for LTNNU members, especially in East Java.
Keywords : Literacy, PKL, Guidance and Counseling Perspective