Meningkatkan kualitas yang terdapat pada sumber daya manusia merupakan salah satu perwujudan dari peran strategis yang dikembangkan oleh pihak lembaga sekolah dengan berdasar pada tujuan pendidikan nasional. Kesuksesan dari penyelenggaran pendidikan dan pengajaran tersebut dapat ditaksir melalui prestasi yang didapatkan oleh peserta didiknya sehingga elemen-elemen yang terkait harus berfungsi secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk untuk menganalisis hubungan-hubungan antara kesiapan belajar dan motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa MAN 1 Magetan. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah sebanyak 138 anak dan untuk menentukan jumlah sampel tersebut peneliti menggunakan rumus sampling fraction per cluster. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan software SPSS 25. Sesuai dengan hasil penelitian yang telah diperoleh bahwasanya kesiapan belajar secara parsial memiliki suatu pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang mana nilai koefisien regresi memperlihatkan nilai positif yakni 0,334. Motivasi belajar secara parsial memiliki pengaruh secara signifikan dan positif terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien regresi yang menunjukkan nilai positif sebesar 0,498. Adanya sebuah pengaruh yang begitu signifikan dan positif di variabel kesiapan belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa di mata pelajaran PPKn. Hal ini sesuai dengan teori Thorndike, bahwa di dalam masa pandemi dan ketika pembelajaran berjalan secara daring kesiapan belajar dan motivasi memiliki hubungan yang positif dengan hasil belajar.
Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil belajar.
Improving the quality of human resources is one manifestation of the strategic role developed by school institutions based on national education goals. The success of the implementation of education and teaching can be estimated through the achievements obtained by the students so that the related elements must function optimally. The purpose of this study was to see the relationships between learning readiness and student motivation on student learning outcomes at MAN 1 Magetan. This study uses a quantitative type with a correlational approach. The sample of this study was class XII students, totaling 138 children and to determine the number of samples, the researcher used the formula of sampling fraction per cluster. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The data processing technique uses SPSS 25 software. In accordance with the results of research that has been obtained that partial learning readiness has a positive and significant influence on learning outcomes where the regression coefficient value shows a positive value of 0.334. Learning motivation partially has a significant and positive effect on learnin g outcomes with the regression coefficient value showing a positive value of 0.498. There is a significant and positive influence on the variables of learning readiness and learning motivation simultaneously on student learning outcomes in Civics subjects. This is in accordance with Thorndike's theory, that during a pandemic and when learning takes place online, learning readiness and motivation have a positive relationship with learning outcomes.
Keywords: Readiness to Learn, Motivation to Learn, Learning Outcomes.