PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MIND MAPPING PADA MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN UNTUK KELAS V SD
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MEDIA MIND MAPPING ON UNITY FOR 5TH GRADE ELEMENTARY SCHOOL
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk media interaktif dengan tampilan mind mapping sebagai inovasi media yang membantu guru untuk menyampaikan materi persatuan dan kesatuan di kelas V sekolah dasar. Media interaktif mind mapping dibuat menggunakan aplikasi articulate storyline. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang mencakup beberapa tahapan yaitu: analisis kebutuhan, analisis pembelajaran, analisis pembelajar dan konteks, menentukan tujuan pembelajaran, mengembangkan penilaian instrument penelitian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, mendesain dan melakukan evaluasi formatif, revisi. Validitas media interaktif mind mapping didapatkan melalui tahap validasi dari ahli materi dan validasi ahli media. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 77,5 % (valid). Sedangkan hasil dari validasi media mendapatkan persentase sebesar 88,3% ( sangat valid). Hasil dari respon siswa mendapatkan persentase sebesar 86,25%(baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media interaktif mind mapping valid dan layak digunakan dalam pembelajaran materi persatuan dan kesatuan di kelas V sekolah dasar..
Kata Kunci: Media interaktif,mind mapping, persatuan dan kesatuan.
This development research aims to develop an interactive media product with a mind mapping display as a media innovation that helps teachers to convey unity and unity material in grade V elementary school. Mind mapping interactive media was created using the articulate storyline application. This study uses the Dick and Carey development model which includes several stages, namely: needs analysis, learning analysis, learner and context analysis, determining learning objectives, developing research instrument assessments, developing learning strategies, developing and selecting learning materials, designing and conducting formative evaluations, revision. The validity of the interactive mind mapping media was obtained through the validation stage of the material expert and the validation of the media expert. The validation results from material experts get a percentage of 77.5% (valid). While the results of media validation get a percentage of 88.3% (very valid). The results of student responses get a percentage of 86.25% (good). So it can be concluded that the interactive mind mapping media is valid and feasible to use in learning unity and unity material in grade V elementary school.
Keywords: Interactive media, mind mapping, unity and unity.