Pengembangan Kamus Bergambar Berbasis Android dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Siswa Tunarungu
Development of an Android-Based Picture Dictionary in Learning English Vocabulary for Deaf Students
Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib bagi siswa tingkat SMA/SMK sederajat termasuk pada sekolah khusus siswa tunarungu yang memiliki kendala dalam pembelajaran bahasa. Pengembangan kamus bergambar berbasis android dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dilakukan untuk menghasilkan media dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan kamus bergambar berbasis android dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu dengan dilakukan beberapa modifikasi pada kamus yang disesuaikan dengan karakteristik belajar visual siswa tunarungu. Metode penelitian pengembangan model 4D digunakan, namun yang diterapkan hanya 3 tahapan, meliputi define, design dan develop. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket validasi dari ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan diolah melalui rumus presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data dari validasi ahli materi diperoleh sebesar 74,67%, dan hasil validasi ahli media diperoleh sebesar 76%. Berdasarkan hasil uji validasi ahli tersebut dapat diinterpretasikan bahwa pegembangan kamus bergambar berbasis android dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris “layak” untuk diimplementasikan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa tunarungu.
Kata Kunci: Kamus Bergambar, Bahasa Inggris, Berbasis Android, Tunarungu
English is a compulsory subject for high school/vocational high school level students, including special schools for deaf students who have language learning difficulties. The development of an Android-based illustrated dictionary by utilizing technological advances is carried out to produce media in learning English vocabulary. This study aims to test the feasibility of an android-based illustrated dictionary in learning English vocabulary for deaf students by making some modifications to the dictionary that is adapted to the visual learning characteristics of deaf students. The 4D model development research method is used, but only 3 stages are applied, including define, design and develop. The data collection technique was carried out using a validation questionnaire from material experts and media experts. The data analysis technique uses a Likert scale and is processed through the percentage formula. The results of this study indicate that data from material expert validation is obtained by 74.67%, and the results of media expert validation are obtained by 76%. Based on the results of the expert validation test, it can be interpreted that the development of an android-based pictorial dictionary in English vocabulary learning is "appropriate" to be implemented as a medium for learning English vocabulary for deaf students.
Keywords: Picture Dictionary, English Language, Android Based, Student with Deaf