Analisis Kemampuan Merangkum Siswa Kelas 5 Melalui Literasi Digital di Sekolah Dasar
Analysis of Summarizing Skill of Fifth Class Student Through Digital Literacy in Elementary School
Saat ini dunia telah memasuki revolusi industri 4.0 yang diikuti dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan berdampak ke berbagai bidang salah satunya pada aspek bidang pendidikan. Salah satu perkembangan teknologi dari aspek pendidikan ialah dibentuknya gerakan literasi digital. Literasi sendiri merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Keterampilan literasi utama yang harus dimiliki siswa yaitu membaca, mendengarkan, dan juga menulis karena ketiga hal ini saling berhubungan satu sama lain. Melihat perkembangan seperti ini, dilakukanlah penelitian terhadap siswa kelas V yang terdiri dari VA dan VB SDN 018452, Karang Anyer dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis rangkuman dengan google sebagai sumber bacaannya. Metode penelitian yang dipakai ialah kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi dengan instrumen penelitian yaitu lembar observasi dengan aspek yang dinilai adalah isi rangkuman, penggunaan bahasa dalam merangkum, kerapian dalam menulis dan keaslian ide rangkuman. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan terdapat 1 siswa yang kemampuan merangkumnya masih kurang, 44 siswa kemampuan merangkumnya masuk dalam kategori cukup, dan 12 siswa kemampuan merangkumnya masuk dalam kategori baik. Aspek yang mampu dikuasai oleh siswa yaitu aspek tentang isi rangkuman dan aspek yang siswa belum mampu kuasai adalah tentang keaslian ide rangkuman. Sehingga disimpulkan banyak siswa yang sudah menyesuaikan diri dengan melakukan literasi digital yang kemudian dikolaborasikan dengan kemampuan menulis mereka.
Kata kunci: Literasi digital, kemampuan merangkum
At this time the world has entered the industrial revolution 4.0 which is followed by increasingly rapid technological developments and has an impact on various fields, one of which is in the aspect of education. One of the technological developments from the educational aspect is the formation of the digital literacy movement. Literacy is a skill that every student must have. The main literacy skills that students must have are reading, listening, and also writing because these three things are interconnected with each other. Seeing developments like this, a study was conducted on fifth grade students consisting of VA and VB SDN 018452, Karang Anyer with the aim of knowing the extent of their literacy skills, one of which is writing summaries using Google as a reading source. The research method used is descriptive qualitative and data collection techniques, namely by making observations with research instruments, namely observation sheets with aspects assessed are the content of the summary, the use of language in summarizing, neatness in writing and the originality of the summary idea. Based on the results of the analysis, it was concluded that there were 1 student whose summarizing ability was still lacking, 44 students summarizing ability was in the sufficient category, and 12 students summarizing ability was in the good category. Aspects that are able to be mastered by students are aspects about the content of the summary and aspects that students have not been able to master are about the authenticity of the summary idea. So it can be concluded that many students have adapted to digital literacy which is then collaborated with their writing skills.
Keywords: digital literacy, summary skills