ABSTRAK
Herwiyanti, Ratna Dwi . 201 9 .
Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbasis Pedagogik Transformatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan
Dasar, Pascasarjana , Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: ( I ) Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd. dan
( II ) Dr. Agus Suprijono, M.Si.
Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Numbered Heads Together, Pedagogik
Transformatif, Hasil Belajar
Penelitian ini dilakukan dengan melihat kondisi
pembelajaran IPS yang masih bersifat konvensional, salah satu penyebabnya yaitu
kurang tepatnya perangkat pembelajaran yang dibuat guru sehingga bermuara pada
kurang efektifnya pembelajaran yang dikembangkan di kelas. Selain itu, guru
juga belum menciptakan kondisi dan situasi yang memungkinkan siswa untuk aktif
dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis
pedagogik transformatif yang baik materi keragaman ekonomi di kelas IV Sekolah
Dasar agar kegiatan pembelajaran semakin lebih baik. Model pengembangan yang
dipakai adalah model pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel
dan Semmel dikenal dengan istilah model 4-D yang terdiri dari Define , Design , Develop , dan Disseminate .
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Silabus
dan RPP, Bahan Ajar Siswa, Media Pembelajaran, LKPD, dan PHB. Subjek penelitian
adalah siswa kelas IVB SDN Dukuh Kupang III/490 Surabaya, sebanyak 35 siswa.
Rancangan uji coba perangkat pembelajaran ini menggunakan one group pretest postest. Analisis hasil penelitian diperoleh
bahwa perangkat pembelajaran valid dan reliabel terbukti dari nilai rata-rata
perangkat pembelajaran dari kedua validator adalah 3,53 dengan kategori sangat
baik dan reliabilitasnya 88,35% dengan kategori reliabel, k eaktifan siswa mencapai nilai 92,8% dan dinyatakan sangat aktif,
dan respon siswa mengenai pembelajaran dengan menggunakan model ini sangat
positif. Keterlaksanaan perangkat pembelajaran mencapai 88,05% dan
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berjalan dengan sangat baik. Keefektifan
dapat dilihat dari hasil pretest ke postest yang mengalami peningkatan, dari
17 siswa di atas KKM menjadi 33 siswa di atas KKM. Peningkatan juga dapat
dilihat dari nilai N-Gain nya yaitu 10 siswa
yang memperoleh N-Gain tinggi, 21 siswa yang memperoleh N-Gain sedang, dan 4 siswa yang
memperoleh N-Gain rendah.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa
pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis pedagogik transformati materi
Keragaman Ekonomi dalam penelitian ini dapat dikatakan valid dan layak
digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini juga diharapkan dapat bermanfaat
bagi pendidik dan dunia pendidikan untuk dikembangkan dikelas pada tema ataupun
materi yang lain.