Hubungan Praktik Kerja Terhadap Minat Kerja di Bidang Konstruksi dan Keguruan Mahasiswa S1 PTB UNESA
Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Surabaya (PTB UNESA) merupakan salah satu program studi yang bertujuan untuk mencetak lulusan yang memiliki keterampilan dan kemampuan di bidang konstruksi dan keguruan. Dimana nantinya mahasiswa yang sudah lulus bebas untuk menentukan keinginan untuk menjadi guru di SMK bangunan atau keranah dunia konstruksi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan tiga sample kelas yaitu Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2017-2019 berjumlah 60 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan kuantitatif menggunakan SPSS untuk mengetahui adanya hubungan antara praktik kerja dan minat kerja mahasiswa. Hasil uji T-Parsial didapat nilai Sig. variabel Y1 adalah 0.288 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima berarti terdapat hubungan antara praktik kerja terhadap minat kerja di bidang konstruksi dengan hasil uji regresi berganda menyatakan terdapat pengaruh yang positif. Hasil uji T-Parsial didapat nilai Sig. variabel Y2 adalah 0.896 > probabilitas 0.05. sehingga disimpulkan bahwa H2 diterima berarti terdapat hubungan antara praktik kerja terhadap minat kerja di bidang keguruan dengan hasil uji regresi berganda menyatakan terdapat pengaruh yang negatif. Hasil uji F-simultan dan R-Square didapat variabel X praktik kerja tidak secara simultan mempengaruhi minat kerja mahasiswa Y1 dan Y2. Hasil uji R-square didapat nilai Y1 adalah 20,94% dan untuk Y2 adalah 3,72% yang menjadi besarnya konstribusi variabel (X) praktik kerja dapat mempengaruhi (Y) minat kerja mahasiswa. Teridentifikasi bahwa dari 60 responden yang terklasterisasi angkatan 2017-2019 hanya 8% mahasiswa yang berminat menjadi guru sedangkan 92% lainnya memilih untuk berkiprah di ranah konstruksi. Diartikan bahwa ada 5 mahasiswsa dari total 60 sample yang diambil yang berminat di ranah keguruan sedangkan 55 orang yang menjadi mayoritas memilih bidang konstruksi
The Building Engineering Education Program at Surabaya State University (PTB UNESA) is one of the study programs aimed at producing graduates with skills and abilities in the fields of construction and teaching. Subsequently, graduates are free to choose whether to become teachers in vocational high schools specializing in construction or pursue a career in the construction industry. The method employed is quantitative descriptive, using three sample classes from the Building Engineering Education program of the 2017-2019 cohort, totaling 60 students. The data analysis utilized both descriptive and quantitative analyses with SPSS to examine the relationship between work practices and students' job interests. The results of the Partial T-Test showed a Sig. value for variable Y1 as 0.288, which is > 0.05. Therefore, it can be concluded that H1 is accepted, indicating a relationship between work practices and job interests in the construction field. The multiple regression test results indicated a positive influence. For the Partial T-Test of variable Y2, the Sig. value was 0.896, which is > the probability of 0.05. Thus, it is concluded that H2 is accepted, signifying a relationship between work practices and job interests in the teaching field. The multiple regression test, in this case, showed a negative influence. The simultaneous F-test and R-Square results indicated that the work practice variable X does not simultaneously affect the job interests of students Y1 and Y2. The R-Square test results showed a value of 20.94% for Y1 and 3.72% for Y2, indicating the extent to which the work practice variable (X) can influence the job interests of students (Y). It was identified that out of 60 respondents grouped into batches 2017-2019, only 8% of students were interested in becoming teachers while the other 92% chose to take part in the construction field. This means that there are 5 students out of the total 60 samples taken who are interested in becoming teachers while 55 people, the majority of whom choose the construction field.