PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BICARA PADA ANAK SPEECH DELAY USIA 4-5 TAHUN
THE ROLE OF PARENTS IN DEVELOPING SPEECH SKILL IN SPEECH DELAY CHILDREN AGED 4-5 YEARS
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua yang meliputi peran sebagai pendidik, fasilitator, dan motivator dalam mengembangkan kemampuan bicara pada anak usia 4 -5 tahun yang mengalami speech delay. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawacara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua masih kurang maksimal dalam menjalankan perannya sebagai pendidik, fasilitator, dan motivator untuk mendukung perkembangan kemampuan bicara pada anak yang mengalami speech delay karena setiap orang tua memiliki dan mengalami faktor penghambat dalam menjalankan perannya, seperti orang tua sibuk bekerja, lingkungan yang kurang mendukung, penggunaan dua bahasa, dan faktor penghambat lainnya. Adapun faktor pendukung yang diberikan orang tua untuk dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak speech delay, seperti menyediakan permainan edukasi, melakukan terapi wicara, melakukan konsultasi dengan psikolog, terapi mandiri, sekolah, dan terapi pendukung lain, seperti terapi okupasi dan terapi perilaku.
Kata kunci : Peran Orang Tua, Speech Delay, Anak Usia 4-5 Tahun
The purpose of this research is to describe the role of parents which includes the role of educator, facilitator, and motivator in developing speaking skills in speech delay children aged 4-5 years. The research method used is descriptive qualitative using data collection techniques, namely interviews, observation and documentation. The data analysis techniques used include data collection, data reduction, data presentation, and verification or drawing conclusions. The resulte obtained from this research indicate that parents are still not optimal in carrying out their role as educators, facilitators and motivators to support the developments of speaking abilities in speech delay children aged 4-5 years because every parent has and experiences inhibiting factors in carrying out their role, such as parents busy to work, unsupportive environment, use of two languages, and other inhibiting factors. The supportting factors provided by parents to be able to develop speaking skills in speech delaye children include providing educational games, conducting speech therapy, consulting with psychologosts, self-therapy, school, and other supporting therapies, such as occupational therapy and behavioral theraphy.
Keywords : Role of parents, speech delay, children aged