PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI TOKOH PRAJURIT DUNIA UNTUK REMAJA USIA 15-19 TAHUN
DESIGNING ILLUSTRATIVE BOOK OF WORLD WARRIOR FIGURES FOR TEEN AGED 15-19 YEARS OLD
Buku ialah jendela ilmu dan juga sumber informasi, entah itu buku fiksi, non fiksi maupun buku faksi. Melalui media visual, suatu buku atau narasi yang menyertakan media visual di dalamnya akan menarik perhatian pembaca dan memperjelas isi pembelajaran yang dimuat. Pengetahuan dan wawasan remaja tentang tokoh dunia hanya berdasarkan buku pembelajaran saja dan juga hanya mengenal tokoh prajurit Indonesia seperti Gajah Mada, sehingga menjadi landasan untuk memperkenalkan tokoh prajurit dunia kepada remaja lewat buku ilustrasi. Dalam hal ini penulis bertujuan memberikan informasi yang relevan bagi remaja dengan pengemasan melalui ilustrasi dan text secara singkat, padat dan jelas. Studi ini juga tujuannya guna mencari tahu mengenai seperti apa latar belakang tokoh yang diambil sebagai jembatan ilmu dan motivasi untuk remaja. Metode yang digunakan sendiri menggunakan metode kualitatif dengan menyebar kuesioner, studi literatur, dan observasi. Sementara untuk perancangan akan menggunakan proses perancangan desain yang mencakup tahap analisis data, konsep desain, perancangan, dan final desain. Hasil dari penelitian ini berupa buku ilustrasi berjudul “The Great Warriors” yang memuat tokoh prajurit dunia dengan 45 halaman. Hasil dari perancangan buku ini, diharapkan akan menjadi salah satu media edukasi sejarah bagi remaja yang akan sangat berguna juga membantu remaja mengenal tokoh bersejarah.
Kata Kunci: Buku, ilustrasi, sejarah, tokoh, prajurit dunia
Books are a window of knowledge and also a source of information, whether it's fiction, non-fiction or faction books. Through visual media, a book or narrative that includes visual media in it will attract the reader's attention and clarify the learning content contained. Teenagers' knowledge and insights about world figures are only based on learning books and also only know Indonesian warrior figures such as Gajah Mada, so that it becomes the basis for introducing world warrior figures to teenagers through illustrated books. In this case the author aims to provide relevant information for teenagers with packaging through illustrations and text in a short, concise and clear way. This study also aims to provide an overview of how the character's background is taken as a bridge of knowledge and motivation for adolescents. The method used itself uses qualitative methods by distributing questionnaires, literature studies, and observations. Meanwhile, the design process will use the design process which includes the stages of data analysis, design concept, design, and final design. The results of this study are in the form of an illustrated book entitled "The Great Warriors" which contains world warrior figures with 45 pages. It is hoped that the results of designing this book will become one of the historical educational media for youth which will be very useful as well as helping youth get to know historical figures.
Keyword: Book, illustration, history, figures, world warrior