Pengembangan Game “Script Labyrint” untuk Meningkatkan Computational Thinking Siswa dalam Pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak di SMKN 2 Surabaya
Development of The "Script Labyrinth" Game to Improve Student's Computational Thinking in Web and Mobile Device Programming Lessons at SMKN 2 Surabaya
Game “Script Labyrinth” merupakan game interaktif yang berisi materi pembelajaran serta pemain diharuskan mencari jalan keluar dengan mencari bunga sebagai poin dan menghindari duri sebagai jebakan hingga menjawab pertanyaan yang tersedia. Tujuan dari pengembangan game “Script Labyrinth” adalah untuk meningkatkan kemampuan computational thinking siswa dalam pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak yang dibuktikan dengan kompetensi siswa. Metode yang digunakan penelitian ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang mana dari hasil uji kelayakan oleh para ahli game “Script Labyrinth” mendapat perolehan persentase sebesar 84,4% yang dikategorikan sangat layak digunakan dalam pemanfaatan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian kepada siswa bahwa analisis computational thinking mendapat respon positif yang mana dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai kompetensi pretets dan posttest setelah memanfaatkan proses pembelajaran dengan game “Script Labyrinth”.
Kata Kunci: Game Labirin, Computational Thinking, Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak
Script Labyrinth is an interactive game that contains learning materials and players are required to find a way out by looking for flowers as points and avoiding thorns as traps to answer the questions provided. The purpose of developing the game “Script Labyrinth” is to improveskills computational thinking students'in Web and Mobile Programming lessons as evidenced by student competence. This study uses the ADDIE research method (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) which from the results of the feasibility test byexperts game"Script Labyrinth" gets a percentage gain of 84.4% which is categorized as very suitable for use in the learning process. Based on the results of research on students thatanalysis computational thinking received a positive response, this can be proven by an increase in the average pretest and posttest competency scores after utilizing the learning process with the "Script Labyrinth" game.
Keywords: Labyrinth Game, Computational Thinking, Web and Mobile Programming.