Kesiapan dan Upaya SMK dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 di Kabupaten Gresik
Vocational School's Readiness and Efforts in Implementing Online Learning in the Era of the Covid-19 Pandemic in Gresik Regency
ABSTRAK
KESIAPAN DAN UPAYA SMK DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN GRESIK
Nama : Fajar Achmad Batin
NIM : 17050524023
Program Studi : S1 Pendidikan Teknik Mesin
Jurusan : Teknik Mesin
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Soeryanto, M.Pd.
Proses pembelajaran merupakan kegiatan interaksi antara guru dan peserta didik di dalam kelas dengan tujuan untuk mencapai keberhasilan siswa dalam mengembangkan kemampuan diri sebagai bekal untuk kehidupan di masa yang akan datang serta mewujudkan cita-cita negara. Namun, akibat pandemi covid 19, interaksi antara guru dan peserta didik yang biasanya dilakukan secara tatap muka, harus dilakukan secara metode daring atau online. Pembelajaran dengan metode daring merupakan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dengan jaringan internet dan didukung dengan perangkat mobile (smarthphone, laptop, komputer). Hal ini merupakan metode pembelajaran yang baru atau metode yang jarang digunakan bagi guru-guru, khususnya guru SMK di Kabupaten Gresik.
Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui bagaimana kesiapan dan upaya SMK dalam pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemi covid 19 di Kabupaten Gresik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru SMK dan siswa di Kabupaten Gresik. Instrumen penelitian adalah angket dalam bentuk google form. Dalam menentukan kesiapan SMK, peneliti menggunakan skala pengukuran kesiapan pembelajaran daring Model Teddy & Swatman. Sedangkan dalam mengetahui upaya, peneliti menganalisis berdasarkan hasil data angket.
Hasil dari penelitian ini adalah kesiapan SMK dalam pelaksanaan pembelajaran daring di era pandemi covid 19 di Kabupaten Gresik dinyatakan siap, namun membutuhkan sedikit peningkatan. Peningkatan yang diharapkan dilakukan khususnya pada aspek kompetensi kepribadian guru dan kinerja siswa. Sedangkan upaya yang dilakukan SMK dalam mengatasi hambatan pada saat pembelajaran daring adalah memberikan materi pembelajaran yang ringkas seperti memberikan video pembelajaran yang dapat diakses secara online, memperbaiki kualitas internet sekolah dan membagikan kuota gratis untuk siswa serta pihak SMK juga melakukan diskusi kepada murid dan wali murid jika terdapat hambatan yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran daring.
Kata kunci : Kesiapan, upaya, SMK, pembelajaran daring.
ABSTRACT
READINESS AND EFFORTS OF VOCATIONAL SCHOOLS IN THE IMPLEMENTATION OF ONLINE LEARNING IN THE ERA OF THE COVID-19 PANDEMIC IN GRESIK REGENCY
Name : Fajar Achmad Batin
Study Program : Bachelor of Education Mechanical Engineering
Department : Mechanical Engineering
Faculty : Engineering
Institution Name : Surabaya State University
Supervisor : Dr. Soeryanto, M.Pd.
The learning process is an interaction activity between teachers and students in the classroom with the aim of achieving student success in developing their abilities as a provision for life in the future and realizing the ideals of the country. However, due to the COVID-19 pandemic, interaction between teachers and students, which is usually carried out face-to-face, must be carried out online or online. Learning with the online method is distance learning carried out with an internet network and supported by mobile devices (smarthphones, laptops, computers). This is a new learning method or a method that is rarely used for teachers, especially vocational school teachers in Gresik Regency.
The purpose of this study is that researchers want to know how the readiness and efforts of SMK in the implementation of online learning in the era of the Covid-19 pandemic in Gresik Regency. This type of research is descriptive research with quantitative descriptive methods. The subject of the study was a vocational high school teacher in Gresik District. The research instrument is a questionnaire in the form of a google form. In determining smk readiness, researchers used the Teddy &Swatman Model online learning readiness measurement scale. Meanwhile, in knowing the efforts, researchers analyzed based on the results of questionnaire data.
The result of this study is that smk's readiness in the implementation of online learning in the era of the Covid-19 pandemic in Gresik Regency is declared ready, but requires a slight increase. The expected improvement is carried out in the aspects of infrastructure, teacher competence, and student performance. Meanwhile, the efforts made by SMK in overcoming obstacles during online learning are to provide concise learning materials so that students do not feel bored and bored, such as providing learning videos that can be accessed online and offline and the SMK also conducts discussions with students and parents if there are obstacles experienced by students in online learning.
Keywords: Readiness, effort, SMK, online learning.