Fenomenologi Mahasiswa Membangun Bisnis Online
Phenomenology of Students Building an Online Business
Bisnis online atau bisnis yang menggunakan jaringan dalam penggunaannya yang sekarang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena memberikan banyak kemudahan dan keuntungan di dalamnya. Bisnis online juga banyak diminati oleh mahasiswa dalam rangka untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah maupun ingin menyampaikan ide-ide di dalam bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja motif, pengalaman, dan bagaimana mereka memaknai membangun bisnis online ketika masih menjadi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dengan jenis penelitian kualitatif dan pengambilan narasumber terbagi menjadi tiga orang. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara serta observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya proses pemaknaan, terdapat motif dan pengalaman tersendiri bagi narasumber yang melatar belakangi pemaknaan. ada dua motif yang dimiliki narasumber yaitu motif karena (because motive) sudah memiliki skill, ingin memanfaatkan suatu hal, berawal dari hobi. motif untuk (in order to motive) agar tidak susah untuk mencari pekerjaan, bisa konsisten dalam mengembangkan bisnis, dan membuat suatu hal yang baru. Pengalaman komunikasi bagi ketiga narasumber antara lain mendapatkan suatu hal yang baru, mendapatkan banyak koneksi, mengetahui cara membangun brand awareness dan memasarkan produk, serta mendapatkan kepuasan konsumen. Setelah adanya motif dan pengalaman, pemaknaan dapat tercipta. Pemaknaan membangun bisnis onlinenya adalah tantangan untuk terjun dalam dunia bisnis, membuat diri menjadi semakin produktif, sebagai perjuangan untuk mandiri, sebagai pengembangan diri, berkomitmen dan bertanggung jawab atas bisnis yang telah dibangun dan sebagai sebuah jalan untuk meraih cita-citanya.
Kata kunci: Mahasiswa Wirausaha, Fenomenologi, Bisnis Online
Online businesses or businesses that use networks in their use are now in great demand by the Indonesian people because they provide many conveniences and advantages in them. Online business is also in great demand by students in order to apply the knowledge that has been obtained in college or want to convey their ideas in their business. This study aims to find out what their motives, experiences, and how they interpret building an online business when they are still students. This study uses a phenomenological method with a qualitative research type and the selection of sources is divided into three people. Researchers used data collection techniques with interviews and observations. The results of the study indicate that prior to the meaning process, there were separate motives and experiences for the informants who were behind the meaning. There are two motives owned by the informants, namely the motive because (because the motive) already has the skills, wants to take advantage of something, starting from a hobby. motive for (in order to motive) so that it is not difficult to find work, can be consistent in developing business, and create something new. The communication experience for the three speakers included getting something new, getting lots of connections, knowing how to build brand awareness and marketing products, and getting consumer satisfaction. After the motive and experience, meaning can be created. The meaning of building an online business is a challenge to enter the business world, to make oneself more productive, as a struggle to be independent, as self-development, to be committed and responsible for the business that has been built and as a way to achieve its goals.
Keywords: Entrepreneurial Student, Phenomenology, Online Business