ABSTRAK
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
PADA MATERI SISTEM KOORDINASI SUB MATERI PSIKOTROPIKA UNTUK MELATIHKAN
KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS XI SMA
Nama : Intan Zusvie Herianto
NIM : 15030204081
Program Studi :
S-1 Pendidikan Biologi
Jurusan : Biologi
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Sifak Indana, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL)
pada materi sistem koordinasi sub materi psikotropika untuk melatihkan kemampuan
literasi sains pada siswa kelas XI SMA yang valid dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan LKS dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap define,
design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahap
develop. Pengembangan LKS dilakukan di Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan
IPA, Universitas Negeri Surabaya. Ujicoba LKS dilakukan di SMAN 1 Menganti
dengan 28 siswa kelas XI SMA. Validitas LKS ditentukan berdasarkan hasil
validasi, keefektifan LKS berdasarkan hasil belajar dan respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS memperoleh
rata-rata skor sebesar 3,67. Berdasarkan data hasil validasi, maka LKS
dinyatakan valid. Selain itu, hasil belajar memperoleh ketuntasan rata-rata
82%, ketuntasan indikator pembelajaran rata-rata 90,8%, serta respons positif
siswa sebesar 97% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan data hasil belajar dan
respons siswa tersebut, maka LKS dinyatakan efektif. Berdasarkan data yang
diperoleh, dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan layak
berdasarkan validitas, dan keefektifan LKS.
Kata
kunci:
LKS, contextual teaching and learning ,
literasi sains, psikotropika