PERUSAHAAN ROKOK CV. ULUNG BOJONEGORO TAHUN 1993-2015
CIGARETTE COMPANY CV. ULUNG BOJONEGORO 1993-2015
Abstrak
Perusahaan Rokok CV. Ulung di Kabupaten Bojonegoro menarik sekali untuk diteliti karena eksistensinya masih bertahan hingga sekarang. Meskipun telah banyak merk-merk rokok baru yang bermunculan serta adanya larangan pemerintah tentang larangan merokok karena kandungan bahan baku pembuatan rokok yang berbahaya semua diatur pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 81 Tahun 1999 sebagai lanjutan Undang-undang No. 23 Tahun 1992 pasal 44 yang mengatur tentang Pengaman Produk Rokok Bagi Kesehatan. Perusahaan Rokok CV. Ulung memproduksi dua jenis rokok yakni sigaret kretek kertas dan rokok kelobot dengan merek Cap Oeloeng. Oleh karena itu bertahannya perusahaan rokok ini menarik perhatian penulis untuk mencari informasi lebih banyak mengenai latar belakang perusahaan rokok CV. Ulung dari mulai berdiri hingga usahanya agar tetap eksis di tengah – tengah penikmat rokok dari tahun 1993 hingga 2015.
Sehingga didapatkan rumusan masalah yang terkait dengan pembahasan yakni 1. Bagaimana dinamika Perusahaan Rokok CV. Ulung dari tahun 1993-2015 ? 2. Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pertumbuhan dan perkembangan Perusahaan Rokok CV. Ulung ? 3. Bagaimana strategi yang dikembangkan sehingga Perusahaan Rokok CV. Ulung mampu bertahan ?
Permasalahan yang didapatkan akanditeliti menggunakan metode penelitian sejarah dan terbagi menjadi empat tahapan yaitu heuristik (pengumpulan sumber), kritik (verifikasi), interpretasi (penafsiran) dan historiografi (penulisan sejarah). Hasil yang didapat selama penelitian menunjukkan bahwa bertahannya perusahaan rokok CV. Ulung dikarenakan adanya upaya Perusahaan Rokok CV. Ulung dalam melakukan strategi dengan perbaikan kualitas produknya, menjalin komunikasi yang baik dengan komunitas kretek Indonesia dan adanya konsumen – konsumen yang masih begitu setia mengkonsumsi rokok Cap Oeloeng. Konsumen paling banyak dari masyarakat usia tua yang dulu ketika muda telah mengkonsumsi rokok Cap Oeloeng. Selain itu masyarakat kalangan ekonomi bawah sebagai konsumen setia dari rokok Cap Oeloeng.
Kata Kunci: Rokok, CV Ulung, Rokok Oeloeng
Abstract
CV. Ulung as a cigarette company in Bojonegoro is very interested to reseached, because of its existence still holding till now. Although there are so many merk of cigarette which grew up. And its also has a problem from goverment ban because of its raw material is very dangerous. All of them are regulated in Government Regulation of the Republic of Indonesia Number 81 of 1999 as a continuation of Law number 23 of 1992 article 44 which regulates the safety of cigarette products for health. CV. Ulung Cigarette Company produces two types of cigarettes, there are paper kretek cigarettes and kelobot cigarettes under the brand name Cap Oeloeng. Thats why, the survival of this company, interested the author to found more information about the background of the CV.Ulung as a cigarette company from its build and how the strategy to keep exist with the smoker from 1993 till 2015.
So we get the formulation problems that are 1. How do the dynamics of CV. Ulung as a cigarette company from 1993-2015 ? 2. What are the factors that support and inhibit the growth and development of CV. Ulung as a cigarette company ? 3. How is the strategy developed that the CV. Ulung as a cigarette company can survive?
The problems of this research will be examined using historical research methods and are divided into four stages. There are heuristics (source collection), criticism (verification), interpretation (interpretation) and historiography (writing history). The results obtained during the study indicate that the survival of the CV. Ulung as a cigarette company due to the efforts in carrying out the strategy by improving the quality of its products, establishing good communication with the Indonesian Kretek Community and the existence of consumers who are still loyal to consuming Cap Oeloeng cigarettes. Most of the consumers are from old age people who used to consume Cap Oeloeng cigarettes when they were young. In another side, people from the lower economic class also very loyal to consume cigarette from Cap Oeloeng.
Keywords: Cigarettes, CV Ulung, Oeloeng Cigarettes