PERANCANGAN SIGN SYSTEM SMK KRIAN 2 SIDOARJO
SMK KRIAN 2 SIDOARJO SIGN SYSTEM DESIGN
SMK Krian 2 Sidoarjo merupakan SMK Pusat Keunggulan (SMKPK), dan menjadi salah satu sekolah rujukan yang ada pada Sidoarjo. Sekolah ini memiliki media informasi berupa sign system yang belum memadahi untuk membantu para civitas menemukan lokasi tempat yang akan dituju. Oleh karenanya SMK Krian 2 Sidoarjo perlu dilengkapi sign system yang komunikatif, sehingga para civitas terbantu untuk menemukan lokasi yang akan dituju. Selain itu dengan adanya sign system yang baik diharapkan dapat menaikkan citra SMK Krian 2 Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan konsep perancangan sign system, (2) proses perancangan sign system, (3) hasil visualisai perancangan sign system di SMK Krian 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, melalui observasi kondisi awal sign system yang ada di sekolah, wawancara dengan kepala sekolah, guru, serta orang tua siswa, serta melalui studi dokumentasi dan studi literatur. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis 5W+1H (what, why, where, when, who, dan how). Hasil penelitian ini adalah desain sign system yang diterapkan di linkungan sekolah meliputi ruang kelas, laboratorium, ruang guru dan kepala sekolah, serta fasilitas umum yang ada di sekolah.
SMK Krian 2 Sidoarjo is a SMK Center of Excellence (SMKPK), and became one of the existing reference schools in Sidoarjo. This school has an information media in the form of a sign system that has not been equipped to help visitors find the location of the place to go. Therefore, SMK Krian 2 Sidoarjo needs to be equipped with a better sign system, so that visitors are helped to find the location to go to. In addition, the existence of a good sign system is expected to increase the image of SMK Krian 2 Sidoarjo. The purpose of this study is to describe (1) the concept of designing a sign system, (2) the process of designing a sign system, (3) the visual results of the sign system design at SMK Krian 2 Sidoarjo. This research uses qualitative methods, through observation of the initial conditions of the sign system in schools, interviews with principals, teachers, and parents of students, as well as through documentation studies and literature studies. Furthermore, the data that has been collected was analyzed using 5W +1H analysis (what, why, where, when, who, and how). The result of this study is the design of a sign system that is applied in the school environment including classrooms, laboratories, teacher and principal rooms, as well as public facilities in the school.