STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN
VAPE STORE J VAPE GRAHA FAMILY SURABAYA
MARKETING COMMUNICATION STRATEGY
Permasalahan yang ingin diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh J’Vape Graha Family dalam menarik minat konsumen. Dalam penlitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif yang menggali fakta tentang Strategi Komunikasi Pemasaran yang digunakan J’Vape Graha Family kemudian dianalisis dengan menggunakan teori komunikasi pemasaran yang menggunakan teori lebih dalam yaitu bauran komunikasi pemasaran. Dari hasil penelitian mengenai strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh J’Vape Graha Family, dapat ditemukan bahwa strategi yang dilakukan oleh J’Vape Graha Family untuk memasarkan dan mengenalkan produknya adalah
1) J’Vape Graha Family menggunakan iklan di sosial media dan non sosial media,
2) J’Vape Graha Family mengadakan member dan grup telegram untuk melakukan pemasaran langsung
3) J’Vape Graha Family memberikan diskon dan giveaway untuk membuat promosi penjualan
4) J’Vape Graha Family menggunakan sosial media Instagram dan Facebook untuk memasarkan produknya dengan konsep Knownledge.
Berdasarkan hasil temuan, beberapa saran dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh J’Vape Graha Family adalah
1) memaksimalkan sosial media yang mereka miliki karena sosial media merupakan dampak terbesar meningkatnya penjualanJ’Vape Graha Family
2) memberikan inovasi baru dalam sosial media, jadi tidak selalu membuat story telling melainkan membuat feed Instagram menjadi lebih menarik dari sisi visual
3) tidak memfokuskan diri kepada sosial media karena strategi lain jika dimaksimalkan juga akan berdampak meningkatkan penjualan bagi J’Vape Graha Family.
The problem to be investigated in this thesis is how the marketing communication strategy implemented by J'Vape Graha Family attracts consumer interest. In this research a qualitative descriptive method was used which explored facts about the Marketing Communication Strategy used by J'Vape Graha Family and then analyzed using marketing communication theory which used a deeper theory, namely the marketing communication mix. From the results of research on communication strategy marketing strategy used by J'Vape Graha Family, it can be found that the strategy undertaken by J'Vape Graha Family to market and introduce its products is
1) J'Vape Graha Family uses advertisements on social media and non-social media,
2) J'Vape Graha Family organizes member and telegram groups to do direct marketing
3) J'Vape Graha Family provides discounts and giveaways to create sales promotions
4) J'Vape Graha Family uses social media Instagram and Facebook to market its products with the Knownledge concept. Based on the findings, several suggestions can be taken into consideration for improving the quality of the marketing communication strategy used by J'Vape Graha Family, namely:
1) maximize their social media because social media is the biggest impact on increasing sales of J'Vape Graha Family
2) providing new innovations in social media, so it doesn't always make story telling but instead makes the Instagram feed more attractive from a visual standpoint
3) not focusing on social media because other strategies if maximized will also have an impact on increasing sales for J'Vape Graha Family