Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan
keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dilatihkan melalui model pembelajaran
inkuiri terbimbing materi asam basa sub bab indikator alami, indikator buatan,
dan kekuatan asam basa di SMAN 3 Lamongan. Penelitian menggunakan rancangan one
group pretest-posttest design .
Instrumen penelitian terdiri dari lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran
inkuiri terbimbing, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar pretest dan posttest peserta didik, serta lembar angket respon peserta didik.
Hasilnya berupa (1) Keterlaksanaan sintaks model pembelajaran inkuiri terbimbing
memperoleh rata-rata persentase
skor dalam pertemuan 1, 2, dan 3 secara berturut-turut yaitu 3,53; 3,85; dan 3,98 dengan kriteria setiap
pertemuan sangat baik . (2) Peserta didik melakukan aktivitas relevan dalam arti peserta didik telah
berlatih keterampilan berpikir kritis dan beraktivitas sesuai dengan sintaks
model pembelajaran inkuiri terbimbing materi asam basa dengan pertemuan
1, 2, dan 3 persentasenya berturut-turut sebesar 98,44%; 99,11%; dan 99,22%.
(3) Keterampilan
berpikir kritis peserta didik diperoleh N-Gain score untuk interpretasi,
analisis, inferensi, dan eksplanasi dengan kategori sedang secara
berturut-turut sebesar 16,67%; 16,67%; 33,33%; 33,33%, sedangkan dengan
kategori tinggi secara berturut-turut sebesar 83,33%; 83,33%; 66,67%; 66,67% .
(4) Respon peserta didik adalah respon positif dengan persentase rata-rata sebesar
99% dalam kriteria sangat memuaskan.
Kata Kunci: Inkuiri
Terbimbing, Berpikir Kritis, Asam Basa.