PENGARUH INTENSITAS PEMAKAIAN SMARTPHONE TERHADAP KEBUGARAN JASMANI DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA
THE EFFECT OF INTENSITY SMARTPHONE USE ON STUDENTS’ PHYSICAL FITNESS AND SOCIAL SKILLS
ABSTRAK
Daryanto, Dadit. 2023. Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone terhadap Kebugaran Jasmani dan Keterampilan Sosial Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya Pembimbing: (I) Dr. Or. Purbodjati, M.S. (II) Dr. Norce Anita Kumaat, M.Kes.
Kata Kunci : Smartphone, kebugaran jasmani, keterampilan social
Ada dua tujuan dalam penelitian ini, pertama untuk menguji dan menganalisis pengaruh penggunaan smartphone terhadap kebugaran jasmani siswa. Kedua, untuk menguji dan menganalisis pengaruh penggunaan smartphone terhadap keterampilan sosial siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober berlokasi di SDN Alastuwo 2 kecamatan Poncol Magetan.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, dengan rancangan Ex post facto. Sampel berjumlah 63 responden dari kelas tinggi SD yang merupakan penelitian populasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel independent tentang intensitas penggunaan smartphone, peneliti mengadaptasi kuisioner dari Mobile Phone Dependence Questionnaire (MPDQ). Sedangkan, pada variabel dependent 1 tentang Kebugaran Jasmani peneliti menggunakan instrumen Tes Kebugaran Jasmani (TKJI) untuk anak usia 10-12 tahun. Pengukuran variabel dependent 2 tentang keterampilan sosial peneliti menggunakan instrumen Social Skills Improvement System (SSIS). Data untuk hipotesis dampak intensitas penggunaan Smartphone terhadap kebugaran jasmani dan keterampilan sosial dengan ANOVA satu jalur adalah signifikan dengan probabilitas (p) < 0,05.
Hasil analisis data dengan SPSS 32 menunjukan sig 0.001 < 0.05 pada pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap kebugaran jasmani siswa, dengan t hitung -.892. > t tabel 2.000. Ini berarti siswa dengan intensitas penggunaan smartphone yang tinggi berpengaruh pada rendahnya skor kebugaran jasmaninya. Sedangkan untuk analisis data intensitas penggunaan smartphone terhadap keterampilan sosial siswa menunjukkan sig 0.000 < 0.05, dengan t hitung -.901. > t tabel 2.000. Hal ini juga berarti siswa dengan intensitas penggunaan smartphone yang tinggi berpengaruh pada rendahnya skor keterampilan sosial mereka. Sehingga dapat disimpulkan 1) Ada pengaruh negatifintensitas penggunaan smartphone terhadap kebugaran jasmani siswa, 2) Ada pengaruh negatif intensitas penggunaan smartphone terhadap keterampilan sosial siswa.
ABSTRACT
Daryanto, Dadit. 2023. The Effect of Intensity Smartphone Use on Students’ Physical Fitness and Social Skills. Thesis, Sports Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University Supervisor: (I) Dr. Or. Purbodjati, M.S. (II) Dr. Norce Anita Kumaat, M. Kes.
Keywords : smartphone, physical fitness, social skills
There are two purposes in this study, first to test and analyze the effect of the intensity of smartphone use on students' physical fitness. Second, to test and analyze the effect of the intensity of smartphone use on students' social skills. This research was conducted from October 2022, located at SDN Alastuwo 2, Poncol District, Magetan.
This research approach is quantitative, with an ex post facto design. The sample is 63 respondents from the elementary school high grade which is a population study. The instrument used to measure the independent variable about the intensity of smartphone use, researchers adopted the questionnaire from the Mobile Phone Dependence Questionnaire (MPDQ). Whereas, on the dependent variable 1 regarding Physical Fitness the researcher used the Indonesia Physical Fitness Test or Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) instrument for children aged 10-12 years. Measurement of the dependent variable 2 about the social skills of the researcher using the instrument Social Skills Improvement System (SSIS). The data for the hypothesis of the impact of Smartphone use intensity on physical fitness and social skills with one way ANOVA is significant with a probability (p) <0.05.
The results of data analysis with SPSS 32 showed sig 0.001<0.05 on the effect of the intensity of smartphone use on students' physical fitness, with t count -892.> t-table 2.000, this means that students with high smartphone use intensity have an negative effect on the low physical fitness of students. Meanwhile, for data analysis on the intensity of smartphone use on students' social skills, it shows sig 0.000<0.05, with t count -.901. > t-table 2.000, therefore students with high smartphone use intensity also had an negative effect on their low social skills. So the conclusion is 1) There is an effect of the intensity of smartphone use on students’ physical fitness, 2) There is an effect of the intensity of smartphone use on students’ social skills.