PENGEMBANGAN MUSEUM SUNAN GIRI SEBAGAI WISATA EDUKASI SEJARAH DI KABUPATEN GRESIK TAHUN 2003-2019
Abstrak
Museum Sunan Giri berpotensi besar sebagai objek wisata edukasi, namun permasalahannya masyarakat seringkali menempatkan museum Sunan Giri dalam posisi yang tidak lebih dari tempat penyimpanan barang usang yang sudah tidak terpakai lagi. Kondisi ini menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk mengunjungi museum Sunan Giri masih sangat rendah, sehingga dibutuhkan pengelolaan museum dengan strategi yang tepat guna mewujudkan museum Sunan Giri sebagai wisata edukasi sejarah di Kabupaten Gresik. Refleksi pengelolaan museum Sunan Giri kemudian diharapkan dapat merubah pandangan tentang museum sebagai tempat yang patut untuk dikunjungi serta pengunjung bisa mendapatkan manfaat pendidikan dan rekreasi setelah berkunjung ke museum.
Penelitian ini membahas mengenai (1) Bagaimana pengelolaan museum Sunan Giri sepanjang tahun 2003-2019; (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pengembangan museum Sunan Giri sebagai wisata edukasi sejarah di Kabupaten Gresik pada tahun 2003-2019; (3) Bagaimana formulasi strategi yang dapat dilaksanakan untuk pengembangan museum Sunan Giri sebagai wisata edukasi sejarah di Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yang pertama yakni heuristik atau pengumpulan sumber dari karya ilmiah sebelumnya serta karya dari beberapa peneliti yang mengkaji terkait masalah yang relevan. Tahap kedua yaitu kritik yakni melakukan pengujian dengan cara mengolah sumber yang telah didapatkan. Tahap ketiga yaitu interpretasi yakni menafsirkan data dengan menganalisis sumber yang telah di verifikasi. Dan tahap keempat yaitu historiografi yakni penulisan hasil penelitian secara kronologis dan analitis dengan menerangkan fakta-fakta sejarah yang telah diperoleh sesuai dengan tema penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, formulasi strategi yang dapat dilaksanakan meliputi pemilihan target wisatawan; memperbarui website dan social media; menghadirkan social media specialist; melakukan promosi museum berbasis teknologi digital; serta menambahkan fasilitas pendukung. Tujuan utama yang diharapkan oleh peneliti dari berbagai formulasi strategi yang telah dirumuskan adalah kesan pengunjung yang positif dengan keinginan untuk berkunjung kembali ke museum Sunan Giri untuk melaksanakan wisata edukasi.
Kata Kunci : Museum Sunan Giri, Pengembangan museum, Wisata edukasi sejarah.
Abstract
The Sunan Giri museum has great potential as an educational tourism object, but the problem is that people often place the Sunan Giri museum in a position that is nothing more than a place to store obsolete items that are no longer used. This condition shows that public interest in visiting the Sunan Giri museum is still very low, so that museum management with the right strategy is needed to realize the Sunan Giri museum as a historical educational tour in Gresik Regency. The reflection on the management of the Sunan Giri museum is then expected to change the image of the museum as a place worth visiting and visitors can get educational and recreational benefits after visiting the museum.
This study discusses (1) How the management of the Sunan Giri museum during the years 2003-2019; (2) What are the supporting and inhibiting factors in the effort to develop the Sunan Giri museum as a historical educational tour in Gresik Regency in 2003-2019; (3) How to formulate strategies that can be implemented for the development of the Sunan Giri museum as a historical educational tour in Gresik Regency. This study uses historical research methods which consists of four stages, the first is heuritics or collecting sources from previous scientific works as well as the work of several researchers who examine relevant issues. The second stage is criticism, namely testing by processing the sources that have been obtained. The third stage is interpretation, namely interpreting the data by analyzing verified sources. And the fourth stage is historiography, namely writing research results chronologically and analytically by explaining historical facts that have been obtained according to the research theme. Based on the research results, the formulation of strategies that can be implemented include the selection of tourist targets; updating the website and social media; presenting a social media specialist; carry out digital technology-based museum promotions; as well as adding supporting facilities. The main goal expected by researchers form the various strategy formulations that have been formulated is a positive impression of visitors with the desire to return to the Sunan Giri museum to carry out educational tours.
Keywords : Sunan Giri Museum, Museum development, History education tour.