STUDI KEPUSTAKAAN ART THERAPY TERHADAP PERILAKU HIPERAKTIF ANAK AUTIS
ART THERAPY LITERATURE STUDY OF HYPERACTIVITY IN AUTISTIC CHILDREN
Perilaku hiperaktif anak autis merupakan perilaku yang dirasa sang.at menggangu baik untuk anak maupun orang disekitarnya. Beberapa metode digunakan untuk menurunkan perilaku hiperaktif anak hiperaktif, misalnya dengan terapi perilaku. Art therapy merupakan salah satu jenis terapi yang digunakan dalam menurunkan perilaku hiperaktif anak autis. Art therapy melibatkan anak dalam aktivitas kreatif saat proses pembuatan karya seni. Art therapy diharapakan dapat mengurangi perilaku hiperaktif yang ada pada anak autis dengan gangguan perilaku hiperaktif sehingga anak dapat menggembangkan diri dan membentuk hubungan baik dengan lingungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan art therapy terhadap perilaku hiperakti anak autis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kepustakaan. Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi. Sumber penelitian yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data diperoleh dari buku, artikel jurnal ilmiah nasional maupun internasional yang berkaitan dengan penggunaan atau penerapan art therapy. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode analisis isi dengan melakukan pengecekan dan membaca ulang antar pustaka dan memperhatikan komentar dari pembimbing.
Hasil Penelitian ini adalah tersusunnya aspek yang harus diperhatikan pada saat intervensi dengan art therapy untuk anak autis dengan gangguan perilaku hiperaktif ringan yakni dengan memperhatikan media, bentuk seni, setting ruangan dan langkah-langkah intervensi yang tepat sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak autis.
Kata Kunci: Art Therapy, Perilaku Hiperaktif, Anak Autis.
Hyperactive behavior of children with autism is a behavior that feels very disturbing both for the child and those around him. Several methods are used to reduce the hyperactive behavior of hyperactive children, for example by behavioral therapy. Art therapy is one type of therapy used to reduce the hyperactive behavior of children with autism. Art therapy involves children in creative activities during the process of making art. Art therapy, it is hoped that it can reduce the hyperactive behavior that exists in autistic children with hyperactive behavior disorders so that children can develop themselves and form good relationships with their environment. Tthis study aims to describe of art therapy on the autistic behavior of children with autism. The research method used in this research is the literature study method. The data collection techniques and instruments used in this study were the documentation method. Sources of research needed to collect data were obtained from books, articles of national and international scientific journals relating to the use or application of art therapy. The data analysis technique used is to use the filling analysis method by checking and rereading between libraries and paying attention to comments from the supervisor.
The results of this study are the arrangement of aspects that must be considered when intervening with art therapy for children with autism with mild hyperactive behavior disorders, namely by paying attention to the media, an art form, room settings, and appropriate intervention measures according to the characteristics and needs of children with autism.
Keywords: Art Therapy, Hyperactive Behavior, Autistic Children.