Miskonsepsi merupakan pengetahuan atau gagasan yang salah dan tidak sesuai dengan pengetahuan ilmiah ataupun tidak disepakati oleh para ilmuan. Miskonsepsi dapat ditemukan pada konsep-konsep Fisika, termasuk materi Hukum Gravitasi Newton. Beberapa faktor dapat menjadi penyebab timbulnya miskonsepsi, di antaranya, peserta didik, guru, dll. Beberapa strategi dapat digunakan untuk mendiagnosis miskonsepsi peserta didik beserta penyebabnya, salah satunya adalah dengan menggunakan four-tier diagnostic test. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan 18 butir soal instrumen four-tier diagnostic test untuk materi Hukum Gravitasi Newton yang terdiri dari sub materi Massa dan Berat, Gaya Gravitasi, dll., serta (2) mendeskripsikan profil miskonsepsi 32 peserta didik kelas XI di SMAN 1 Gresik menggunakan instrumen yang dikembangkan. Berdasarkan hasil perhitungan, instrumen dinyatakan valid oleh dua dosen validator dengan tingkat validitas antara (83 – 95)%. Validitas eksternal dilakukan dengan cara mengujikan instrumen kepada 20 peserta didik lainnya diperoleh 15 butir soal valid dan reliabel. Dari hasil analisis miskonsepsi yang diperoleh, diketahui bahwa 87,5% peserta didik mengalami miskonsepsi pada materi Hukum Gravitasi Newton. Persentase miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik pada tiap sub materi berkisar antara (0 – 44)%. Persentase miskonsepsi tertinggi terjadi pada sub materi Medan Gravitasi. Penyebabnya adalah peserta didik mengasosiasikan konsep Medan Gravitasi dengan gerak vertikal ke atas dan Fluida Statis. Peserta didik memahami sub materi Hukum I Kepler dengan baik sehingga tidak ada peserta didik yang mengalami miskonsepsi.
Kata kunci: four-tier diagnostic test, miskonsepsi, Hukum Gravitasi Newton
Misconception is knowledge or idea that not in accordance with the scientific knowledge or not agreed upon by scientists. Misconceptions can be found on the concepts of physics, including Newton's Law of Gravitation concept. Several factors may be the cause of misconceptions on students. Several strategies can be used to diagnose students’ misconceptions and their causes, one of them is by using a four-tier diagnostic test. This paper aims are (1) to develop 18 questions four-tier diagnostic test instrument for Newton's Law of Gravitation concept consisting of sub-material Mass and Weight, Gravitational Field, etc., and (2) to describe the profile of the misconceptions of 32 students XI grade in SMAN 1 Gresik using the developed instrument. The result of the calculation shows that the developed instrument was declared valid by two validator lecturers with a validity level between (83-95)%. External validity is done by testing instruments to 20 other students, 15 items are valid and reliable. From the misconceptions analysis results, it is known that about 87,5% of students have misconceptions on Newton's Law of Gravitation concept. The percentage of students’ misconceptions in each sub-material ranged from (0 – 44)%. The highest percentage of misconception is in the sub-material Gravitational Field. The cause is the students associating the concept of Gravitational Field with vertically upward motion or static fluid concept. Students understanding sub-material Kepler's first law well and no students found to experience misconceptions.
Keywords: four-tier diagnostic test, misconceptions, Newton's Law of Gravitation