ABSTRAK
Dian Saraswati Wisnu Ananti. 2019. Perilaku Penyelesaian Masalah Matematika Siswa SMP Pada Materi Geometri Berdasarkan Tipe Kepribadian, Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Yusuf Fuad, M.App.Sc., dan (II) Rooselyna Ekawati, S.Si., M.Sc., Ph.D.
Kata Kunci: Perilaku Penyelesaian Masalah, Masalah Geometri, Tipe Kepribadian
Perilaku penyelesaian masalah memiliki peran yang penting dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku penyelesaian masalah matematika siswa SMP pada materi geometri berdasarkan tipe kepribadian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Terdapat empat subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa SMP berkepribadian rational, idealist, guardian, dan artisan yang masing-masing memiliki kemampuan yang setara. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tugas pemecahan masalah (TPM) dan wawancara berdasarkan tugas tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kepribadian mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menyelesaikan masalah. Siswa rational cenderung menggunakan estimasi dan rumus. Siswa idealist cenderung menggunakan pendekatan representasi daripada pendekatan rumus. Sedangkan siswa guardian dan artisan cenderung menggunakan pengetahuan faktual yang melibatkan gabungan antara pendekatan estimasi, rumus, dan representasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan persamaan kecenderungan perilaku dalam menyelesaikan masalah dari masing-masing tipe kepribadian. Penting bagi pendidik untuk memancing perilaku siswa dalam menyelesaikan masalah dengan cara-cara yang kreatif sesuai dengan kemampuan siswa dan tipe kepribadian siswa.
ABSTRACT
Ananti, Dian Saraswati Wisnu. 2019. Mathematics Problem Solving Behavior of Junior High School Students in Geometry based on Personality Type. Thesis. Mathematics Education Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisors: (I) Dr. Yusuf Fuad, M.App.Sc., dan (II) Rooselyna Ekawati, S.Si., M.Sc., Ph.D.
Keyword: Problem Solving Behavior, Geometry Problem, Personality Type.
Problem solving behavior has important role in mathematics lesson. The purpose of this study is to describe mathematics problem solving behaviors of junior high school students in solving geometry problems based on their personality types. This research used a qualitative approach. There were four participants in this research namely rational, idealist, guardian, and artisan students who had the same abilities. Data collection is done by giving the problem-solving task and interview based on the task.
The results showed that each personality has a different way of solving problems. Rational student tends to use estimation and formula approach. Idealist student tends to use representation approach rather than using formula. Guardian and artisan students tend to use their factual knowledge which combined formula estimation and representation approach. Based on the results, it indicates that there are differences and similarities tendency of behaviors in solving problems of each personality type. It is important for educators to stimulate students’ behavior using creative ways which suitable with their abilities and personality types.