ANALISIS TINGKAT KESADARAN SISWA TERHADAP CYBERBULLYING PADA PENGGUNA TIKTOK DAN MOBILE LEGENDS DI SMA NEGERI 8 BATAM
ANALYSIS OF STUDENTS' AWARENESS LEVELS OF CYBERBULLYING AMONG TIKTOK AND MOBILE LEGENDS USERS AT SMA NEGERI 8 BATAM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran siswa terhadap Cyberbullying antara pengguna TikTok dan Mobile Legends dan mencari tahu apakah ada perbedaan tingkat kesadaran Cyberbullying antara pengguna TikTok dan Mobile Legends. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pada teori aktivitas rutin oleh Cohen dan Felson yang menjelaskan bagaimana peluang kejahatan muncul melalui aktivitas sehari-hari yang dilakukan individu untuk memenuhi kebutuhannya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan hasil akhir
uji T. Teknik pengumpulan data yakni, observasi sistematis, kuesioner dan focus peer group discussion. Teknik analisis data menggunakan Uji beda rata-rata atau uji-t (independent sample t test). Uji-t dalam penelitian ini menggunakan tingkat kepercayaan 95% dengan nilai sig < 0,05 dari sampel sebanyak 180 siswa. Nilai signifikansi X1 TikTok 0,200 dan X2 Mobile Legends 0,061. Nilai siginifikansi > 0,05 maka X1 dan X2 berdistribusi normal. Uji homogenitas varians uji Levene nilai signifikansi 0,604 > 0,05, maka pengguna TikTok dan Mobile Legends populasi varians nya sama atau
homogen. Uji independent sample t-test nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka ada perbedaan tingkat kesadaran TikTok dan Mobile Legends terhadap
Cyberbullying. Nilai rata-rata atau mean pengguna TikTok 37,5 dan pengguna Mobile Legends 31,5, menunjukkan tingkat kesadaran pengguna TikTok lebih tinggi apabila dibandingkan dengan rata rata pengguna Mobile Legends.
Kata Kunci: Cyberbullying, Teori Aktivitas Rutin, Tingkat Kesadaran.
This research aims to determine the level of student awareness of cyberbullying between TikTok and Mobile Legends users and find out whether there is a difference in the level of cyberbullying awareness
between TikTok and Mobile Legends users. The theory used in this research is based on the routine activity theory by Cohen and Felson which explains how opportunities for crime arise through daily activities carried out by individuals to fulfill their needs. The type of research carried out is quantitative research with the final results of the T test. Data collection techniques include systematic observation, questionnaires and focus peer group discussions. The data analysis technique uses the average difference test or t-test (independent sample t test). The t-test in this study uses a confidence level of 95% with a sig value <0.05 from a sample of 180 students. The significance value of X1 TikTok is 0.200 and X2 Mobile Legends is 0.061. The significance value is > 0.05, so X1 and X2 are normally distributed. Levene's homogeneity of variance test has a significance value of 0.604 > 0.05, so the population of TikTok and Mobile Legends users has the same or homogeneous variance. Independent sample t-test Sig value. (2-tailed) 0.000 < 0.05, then there is a difference in the level of awareness of TikTok and Mobile Legends regarding Cyberbullying. The average value or mean for TikTok users is 37.5 and for Mobile Legends users 31.5,
indicating that the level of awareness of TikTok users is higher when compared to the average Mobile Legends user.
Keywords: Cyberbullying, Routine Activity Theory, Awareness Level.