ANALYSIS OF TRANS JATIM BUS PASSENGER SATISFACTION IN CORIDOR I IN VIEW OF SERVICE QUALITY
Bus Trans Jatim Koridor I merupakan sebuah inovasi pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam pengembangan transportasi publik dengan jalur Sidoarjo – Surabaya – Gresik. Kehadiran Bus Trans Jatim Koridor I memunculkan berbagai respon dari masyarakat. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah kajian mengenai kepuasan penumpang terkait kualitas pelayanan Bus Trans Jatim Koridor I agar dapat menjadi bahan pertimbangan pada koridor selanjutnya serta mendorong masyarakat untuk berpindah ke transportasi publik. Penelitian ini bertujuan mengetahui kepuasan penumpang Bus Trans Jatim Koridor I berdasarkan aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, keteraturan, serta menganalisis kepuasan penumpang Bus Trans Jatim Koridor I berdasarkan kualitas pelayanan.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah penumpang Bus Trans Jatim Koridor I. Jumlah sampel penelitian ini adalah 100 responden yang ditentukan dengan teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, survei, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik skoring skala likert dengan klasifikasi kelas pertama 400-325 (sangat baik), kelas kedua 324-250 (baik), kelas ketiga 249-175 (buruk), dan kelas keempat 174-100 (sangat buruk).
Hasil penelitian tingkat kepuasan penumpang Bus Trans Jatim Koridor I menunjukkan nilai skor 349,15 yang masuk dalam kelas pertama (sangat baik). Aspek atau faktor yang mempengaruhi kepuasan penumpang Bus Trans Jatim Koridor I adalah keamanan sangat baik, keselamatan sangat baik, kenyamanan sangat baik, keterjangkauan sangat baik, kesetaraan baik, dan keteraturan sangat baik. Meskipun hasil skoring menunjukkan hasil yang baik, namun berdasarkan survei di lapangan masih didapati beberapa sopir yang mengemudi secara ugal-ugalan, pengangkutan penumpang yang melebihi kapasitas bus, tidak adanya ramp dan area kursi roda, dan penumpang yang harus menunggu 1-2 bus berikutnya untuk bisa menggunakan Bus Trans Jatim Koridor I.
Kata Kunci : Transportasi, Kepuasan Penumpang, Bus Trans Jatim Koridor I
The Trans Jatim Bus Corridor I is one of the East Java provincial government's innovations in the development of public transportation with the Sidoarjo – Surabaya – Gresik route. The presence of the Trans Jatim Bus Corridor I gave rise to various responses from the public. Therefore, there is a need for a study on passenger satisfaction related to the service quality of the Trans Jatim Bus Corridor I so that it can be taken into consideration in the next corridor and attract people's interest in switching to using public transportation. The purpose of this study was to determine passenger satisfaction of Corridor I Trans Jatim Bus based on aspects of security, safety, comfort, affordability, equality, regularity, and to analyze passenger satisfaction of Trans Jatim Bus Corridor I based on service quality.
This research method is descriptive quantitative. The population of this study were passengers of the Trans East Java Bus Corridor I. The number of samples in this study was 100 respondents who were determined by accidental sampling technique. Data collection was carried out through literature studies, surveys, and questionnaires. The data analysis technique uses a Likert scale scoring technique with the first class classification 400-325 (very good), the second class 324-250 (good), the third class 249-175 (poor), and the fourth class 174-100 (very bad).
The results of the research on the satisfaction level of passengers on the Trans Jatim Bus Corridor I show a score of 349.15 which is included in the first class (very good). Aspects or factors that influence the satisfaction of Corridor I Trans Jatim Bus passengers are very good security, very good safety, very good comfort, very good affordability, good equality, and very good regularity. Even though the scoring results show good results, based on field surveys there are still some drivers who drive recklessly, load passengers that exceed the capacity of the bus, lack ramps and wheelchair areas, and passengers who have to wait for the next 1-2 buses to arrive. can use the Trans Jatim Bus Corridor I.
Keywords : Transportation, Passenger Satisfaction, Corridor I Trans Jatim Bus