PERHITUNGAN RAP (RENCANA ANGGARAN BIAYA PELAKSANAAN) BANGUNAN GEDUNG RAWAT JALAN RSUD DR.SOEGIRI LAMONGAN
CALCULATION OF RAP (PLAN OF IMPLEMENTATION COST BUDGET) FOR OUTPATIENT BUILDING DR. SOEGIRI LAMONGAN HOSPITAL
Pembangunan Gedung Rawat Jalan RS. Dr. Soegiri Lamongan ini memerlukan perhitungan rencana anggaran biaya pelaksanaan agar pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu, memenuhi kualitas yang ditentukan dengan biaya yang lebih efisien dan dapat dipertanggungjawabkan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kajian makalah ilmiah ini adalah untuk menjabarkan dan mengetahui hasil biaya pelaksanaan yang dikeluarkan. Rencana anggaran biaya pelaksanaan ini dihitung mulai dari awal pelaksanaan proyek berlangsung hingga bangunan proyek telah selesai. Urutan perhitungan biaya pelaksanaan yaitu: 1) mengidentifikasi item pekerjaan; 2) menghitung volume pekerjaan 3) membuat daftar harga bahan yang dibutuhkan; 4) membuat daftar harga upah tenaga kerja; 5) membuat daftar harga sewa alat yang dibutuhkan; 6) menghitung biaya tak langsung (overhead); 7) menghitung biaya langsung; 8) rekapitulasi rencana anggaran biaya pelaksanaan. Analisa yang digunakan dalam menghitung menggunakan harga satuan pekerjaan (HSPK) Kota Lamongan tahun 2019 dan standar nasional indonesia (SNI) tahun 2008 dengan bantuan software microsoft excel. Rencana anggaran biaya pelaksanaan meliputi biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya langsung merupakan jumlah biaya bahan material, alat, dan upah tenaga kerja yang dikeluarkan oleh owner, sedangkan biaya tidak langsung merupakan jumlah biaya yang tidak terduga. Perhitungan hasil total keseluruhan rencana anggaran biaya pelaksanaan proyek ini dimulai dari pekerjaan struktural, arsitektural, mekanikal, elektrikal dan plumbing adalah sebesar Rp. 8.253.108.882.
Kata Kunci: rencana anggaran biaya pelaksanaan, RS. Dr. Soegiri Lamongan
Construction of the Outpatient Hospital Building. Dr Soegiri Lamongan requires the calculation of the implementation cost budget plan so that the work can be completed on time, meet the specified quality at a more efficient and accountable cost. The objectives to be achieved in the study of scientific papers are to describe and find out the results of the implementation costs incurred. This implementation budget plan is calculated from the beginning of the project implementation until the project building has been completed. The order of calculating implementation costs is: 1) identifying work items; 2) calculating the volume of work 3) making a price list of the materials needed; 4) making a list of prices for labour wages; 5) making a list of the rental prices of the tools needed; 6) calculate indirect costs (overhead); 7) calculating direct costs; 8) recapitulation of the implementation cost budget plan. The analysis of calculating is using the Lamongan City Work Unit Price (HSPK) in 2019 and the Indonesian National Standard (SNI) in 2008 with the help of Microsoft Excel software. The implementation cost budget plan includes direct costs and indirect costs. Direct costs are the total costs of materials, tools, and labour costs incurred by the owner, while indirect costs are the number of unexpected costs. The calculation of the total results of the overall budget plan for the implementation of this project starting from structural, architectural, mechanical, electrical, and plumbing works is Rp. 8,253,108.882.
Keywords: implementation budget plan, Dr Soegiri Lamongan Hospital