Pelayanan Publik merupakan segala aktivitas pelayanan yang dilakukan oleh penyelenggara pelayananan publik sebagai usaha pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.Bentuk pelaksanaan dalam memperbaiki pelayanan kependudukan agar menjadi sebuah pelayanan prima. Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan analisis pelayanan prima terhadap pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu konsep pelayanan prima: Sikap (Attitude), Perhatian (Attention), Tindakan (Action), dan Antisipasi (Anticipation).Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi sehingga data yang dikumpulkan cukup valid yang digunakan bahan dalam penulisan tugas akhir.
Hasil penelitian ini menggambarkan Pelayanan Akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo pelayanan tersebut menggambarkan pelayanan yaitu: Sikap (attitude) memberikan senyum salam sapa dan memperlakukan pemohon dengan sopan dan santun serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga masyarakat tidak kehilangan arahan dari petugas untuk melengkapi pemberkasan administrasi kependudukan termasuk akta kelahiran; Perhatian (attention) yang di berikan oleh penyelenggara pelayanan ini melakukan penjelasan secara berulang-ulang kepada pemohon serta memberikan waktu kepada pemohon yang melengkapi berkas yang kurang atau tertinggal; Tindakan (action) yang diberikan dengan melakukan tindakan yang cepat dalam pemberkasan dan memberikan arahan kepada pemohon yang belum mengerti tahapan yang dilakukan; dan Antisipasi (anticipation) yang diberikan dengan memberikan solusi yang tepat untuk pemohon serta dengan bersikap sabar ketika menghadapi pemohon yang perlu solusi yang tepat.
Saran dari hasil penelitian yaitu: Sikap (attitude) memberikan pelatihan pelayanan prima di dalam instansi maupun didalam instansi; Perhatian (attention) memberikan reward kepada penyelenggara pelayanan supaya memberikn motivasi kepada penyelenggara pelayanan dalam memberikan pelayanan kepada pemohon; Tindakan (action) ini mengadakan evaluasi pelayanan guna untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh petugas pada saat melakukan kegiatan pelayanan kepada pemohon; Antisipasi (Antcipation) ini memberikan papan informasi yang sering ditanyakan kepada pelanggan.
Kata Kunci : Analisis,Pelayanan Prima,Akta Kelahiran.
Public Service is all service activities carried out by public service providers as an effort to fulfill the needs of recipients of services and the implementation of the provisions of legislation. This research will discuss the the forms of implementation in improving population services to become an excellent service. The purpose of this research is to describe the analysis of “Excellent Service” for birth certificate services at the Department of Population and Civil Registration of Sidoarjo.
The type of research used in this study is descriptive-qualitative research method. The focus of this research is the concept of excellent services, which are Attitude, Attention, Action (Action), and Anticipation (Anticipation). Data collection techniques in this study are interviews, observation, and documentation so that the collected data is valid enough to be used material in writing the final assignment.
The results of this study describe the service of birth certificates in the Department of Population and Civil Registration of Sidoarjo, the service of birth certificates illustrates the services such as: Attitude which means giving a smile of greetings and treats the applicant politely and politely and uses language that is easy to understand so that people do not lose direction from officers to completing filing of population administration including birth certificates; Attention that is given by the service provider makes repeated explanations to the applicant and gives time to the applicant who completes the file that is lacking or left behind; The action is given by taking a quick action in filing and giving direction to the applicant who has not understood the steps taken; and anticipation is provided by providing the right solution for the applicant and by being patient when facing the applicant who needs the right solution.
Suggestions from this research are: Attitude will provide excellent service training inside and outside agencies (dispendukcapil); Attention will help agencies give rewards to service providers so the service providers will be motivated to provide services to customers; Action will evalute services in order to search the difficulties found by officers when carrying out service activities to the applicant; Anticipation will provide informations in information board that are often asked by customers.
Keyword: Analysis, Excellent Service, Birth Certificate.