PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKn MENGGUNAKAN MODEL PROBING PROMBTING
UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 5 GRESIK
IMPLEMENTATION OF CIVICS LEARNING USING THE PROBING PROMPTING MODEL
TO IMPROVE STUDENT'S CRITICAL THINKING AT SMP NEGERI 5 GRESIK
Sistem pendidikan Nasional yang diterapkan di Indonesia salah satunya berorientasi pada nilai, baik nilai yang
dimiliki tenaga pengajar dan siswa. Banyaknya tenaga pendidik yang memilih menerapkan metode ceramah
sebagai model pembelajaran, berakibat kurangnya pemahaman serta sistem pola pikir siswa dalam menyerap
pembelajaran dengan baik. Dalam penelitian berikut peneliti memiliki tujuan guna mengetahui penerapan
pembelajaran PPKn memakai model pembelajaran Probing Prombting guna memberikan peningkatan akan
berpikir kritis siswa di SMPN 5 Gresik. Metode penelitian yang dipakai yakni penelitian tindakan kelas, melalui
penggunaan metode survey deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan
bahwasanya melalui penggunaan model pembelajaran Probing Prombting terbukti mampu memberikan
peningkatan pada berpikir kritis siswa di SMPN 5 Gresik. Karena melalui penggunaan model pembelajaran
tersebut peserta didik menjadi lebih mudah untuk menyerap pembelajaran dan lebih fokus untuk menerima
pembelajaran PPKn yang mayoritas topic pembelajaran memerlukan daya piker secara mendalam, bebrapa
contoh fokus bahasan dalam pelajaran PPKn berisi tentang sejarah terbentuknya negara Indonesia, aturan yang
ada di Indonesia serta nilai dan norma yang ada di Indonesia. Siswa secara bertahap mulai diberikan rangsangan
sebagaimana tujuan dari peneliti secara garis besar meninggkatkan segala kemampuan yang dimiliki siswa baik
pada saat sekolah berlangsung maupun implemtasi di masyarakat. Sementara itu melalui penelitian ini
diharapkan guru juga ikut serta terangkat kemampaun dan menambah wawasan tentang model pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran, Probing Prombting, Berpikir Kritis
One of the national education systems implemented in Indonesia is value-oriented, both the values possessed by
teaching staff and students. The number of educators who choose to apply the lecture method as a learning
model, results in a lack of understanding and student mindset systems in absorbing learning well. In the
following research, the aim of the research is to find out the application of Civics learning using the Probing
Prombting learning model in order to provide an increase in students' critical thinking at SMPN 5 Gresik. The
research method used is classroom action research, through the use of descriptive survey methods through a
quantitative approach. The results showed that through the use of the Probing Prombting learning model it was
proven to be able to provide an increase in students' critical thinking at SMPN 5 Gresik. Because through the use
of this learning model, students become easier to absorb learning and are more focused on accepting Civics
learning, where the majority of learning topics require in-depth thinking, some examples of focus discussions in
Civics lessons contain the history of the formation of the Indonesian state, the rules that exist in Indonesia. And
values and norms that exist in Indonesia. Students gradually begin to be given stimulation as the aim of the
researcher in general is to increase all abilities possessed by students both during school and implementation in
the community. Meanwhile, through this research, it is hoped that teachers will also be able to participate and
increase their knowledge about the learning model.
Keywords: Learning, Probing Prombting, Critical Thinking