ABSTRAK
Lestari,
Briyantika. 2018. Pengaruh Permainan
Lempar Gelang terhadap Perkembangan Kognitif dan Fisik Motorik Kasar pada Anak
TK Kelompok B di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Tesis, Program
Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD Pascasarjana Universitaas Negeri
Surabaya . Pembimbing: (I) Prof. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd., (II) Dr. Andi
Mariono, M.Pd
Kata
Kunci: Lempar Gelang, Kognitif, Fisik Motorik Kasar
Tujuan penelitian untuk menguji
pengaruh permainan lempar gelang terhadap perkembangan kognitif dan fisik
motorik kasar pada anak TK Kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan rancangan quasy experimental
design dengan desain penelitian non
equivalent group design . Total sampel sejumlah 74 anak yang dibagi menjadi
dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel untuk penelitian
ini adalah TK Dharma Wanita Ketanon dan TK Dharma Wanita Boro, dimana
masing-masing TK terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian
diperoleh dari tehnik observasi dan dokumentasi dengan menggunakan pedoman
observasi dan dokumentasi perkembangan kognitif dan fisik motorik kasar.
Hasil penelitian membuktikan
bahwa dengan menggunakan permainan lempar gelang, perkembangan kognitif dan
fisik motorik kasar anak mengalami peningkatan. Indikasinya didasarkan pada analisis
data menggunakan uji anova, menunjukkan bahwa dari hasil analisis diperoleh nilai
F hitung adalah 12,911 dan sig 0,001< 0,05 untuk hipotesis pertama yaitu permainan
lempar gelang berpengaruh terhadap perkembangan kognitif, nilai F hitung 19,007
dan sig 0,00< 0,05 untuk hipotesis kedua yaitu permainan lempar gelang
berpengaruh terhadap perkembangan fisik motorik kasar. Berdasarkan hasil uji
penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa permainan lempar gelang berpengaruh
terhadap perkembangan kognitif dan fisik motorik kasar pada anak TK kelompok B
di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung.
ABSTRACT
Lestari,
Briyantika. 2018. The Influence Of
Throwing Games Onrough Cognitive And Motoric Physical Development In Kindergarten
Group B Children In Kedungwaru District, Tulungagung Regency. Thesis, Basic
Education Study Program Paud Concentration Postgraduate Universitaas Negeri
Surabaya Tesis, The Basic Education Courses Graduate Early Childhood
Education Concentration Universitaas Surabaya. Supervisor: (I) Prof. Wahyu
Sukartiningsih, M.Pd., (II) Dr. Andi Mariono, M.Pd
Kata Kunci: Lempar Gelang, Kognitif, Fisik
Motorik Kasar
The
purpose of the study to test the influence of the game throwing wristlet
regarding the development of cognitive and motor physical harsh on the
kindergarten Group B. This research uses a quantitative approach with the
design of quasy experimental design
with design research on non equivalent
group design . Total sample number of 98 children are divided into two
groups, the experimental class and the class of the control. The sample for
this study was TK Dharma Wanita Ketanon and TK Dharma Wanita Boro, where each
class there is experimental and control classes. Research data obtained from
the method of observation and documentation by using the manual observation and
documentation of cognitive and physical development motor.
Research
results that by using the game throwing wristlet, cognitive and physical development
motor rough children experience the positive changes. Data analysis using anova
test, the results of the analysis of the retrieved value F count is 12,911 and
sig 0,001 < 0,05 one hypothesis for the game throwing wristlet that is
influential on the development of cognitive, 19,007 and 0,00 < 0,05 two
hypotheses for the game throwing wristlet effect on physical development motor.
Based on the results of the research can be drawn the conclusion that the game
throwing wristlet effect on cognitive and physical development motor is rough
on the kindergarten Group B.