Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena akan mampu untuk meningkatkan mutu serta kualitas hidup sebagai manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media twister terhadap peningkatan hasil belajar PPKn pada peserta didik kelas X di SMKN 1 Sooko Mojokerto.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperiman dangan menggunakan desain penelitian Pre-test Post-test quasi eksperimental design.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media twister sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X OTKP SMKN 1 Sooko Mojokerto sebanyak 68 peserta didik. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Tehnik analisis data terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap deskripsi data, tahap uji persyaratan analisis dan tahap pengujian hipotesis. Tahap deskripsi data meliputi distribusi data hasil belajar peserta didik. Tahap uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan tahap uji hipotesis menggunakan uji Paired T-test dengan taraf signifikansi 5%. Dalam proses perhitungan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 20,0 for windows.
Hasil Penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media twister memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar PPKn peserta didik kelas X OTKP di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Hal ini dibuktikan dengan melihat hasil mean Pre-Test dan Post-Test pada kelompok eksperimen sebesar 62,14 sedangkan Mean Pre-Test dan Post-Test pada kelompok kontrol sebesar 59,63. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat kinerja yang lebih baik pada kelompok eksperimen yang mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media twister dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mengunakan model pembelajaran (convensional) atau biasa digunakan guru selama ini.
Kata Kunci : pembelajaran kooperatif tipe STAD, media Twister, hasil belajar
Education is one of the most important things in human life because it will be able to improve the quality and quality of life as a human. This study aims to determine the effect of the STAD type cooperative learning model through twister media on increasing PPKn learning outcomes in class X students at SMK 1 Sooko Mojokerto.
This research is an experimental research using a research design Pre-test Post-test quasi experimental design. The independent variable in this study is the STAD type of cooperative learning model through twister media while the dependent variable is learning outcomes. The subjects of this study were 68 class X OTKP 1 Sooko Mojokerto students as many as 68 students. Data collection techniques used are tests and observations. The data analysis technique consists of three stages, namely the data description stage, the requirements analysis test phase and the hypothesis testing stage. Data description phase includes the distribution of student learning outcomes data. The requirements analysis phase includes the normality test and homogeneity test. While the hypothesis testing stage uses the Paired T-test with a significance level of 5%. In the calculation process using SPSS version 20.0 for Windows.
The results of the study showed that the application of the STAD type cooperative learning model through twister media had influence on the improvement of PPKn learning outcomes for students of class X OTKP at SMK 1 Sooko Mojokerto. This is evidenced by looking at the mean Pre-Test and Post-Test in the experimental group at 62.14 while the Mean Pre-Test and Post-Test in the control group at 59.63. So it can be concluded that there is better performance in the experimental group using the STAD type cooperative learning model through twister media compared to the control group using the learning model (conventional) or commonly used by teachers so far.
Keywords : STAD type of cooperative learning, Twister media, learning outcomes