PENGARUH DRAMA KOREA TERHADAP MINAT BELI KOREAN FOOD PADA MAHASISWA SURABAYA
THE EFFECT OF KOREAN DRAMA ON BUYING INTEREST IN KOREAN FOOD AMONG SURABAYA COLLEGE STUDENTS
Pandemi COVID-19 berdampak pada perubahan aktivitas masyarakat, salah satunya mahasiswa yang sebelumnya disibukkan pada kegiatan di kampus kini harus menjalani perkuliahan secara daring di rumah. Hal tersebut menyebabkan timbulnya rasa bosan sehingga mencari kegiatan lain seperti menonton drama Korea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh drama Korea terhadap minat beli Korean food pada mahasiswa Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data, disebarkan melalui Google Form kepada 160 sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan yaitu mahasiswa Surabaya, suka drama Korea dan pernah makan Korean Food. Kuesioner diuji validitas dengan nilai r-tabel 0,355 dan pengujian reliabilitas dinyatakan reliabel. Data hasil kuesioner diolah dengan IBM SPSS 25 untuk diketahui pengaruhnya menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinan. Hasil pengujian dari uji regresi linear sederhana mendapatkan hasil bahwa drama Korea memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli Korean food pada mahasiswa Surabaya yang mana sejalan dengan penelitian oleh Hardiyanti bahwa fanatisme K-Pop dan K-Drama memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian streetfood Korea Selatan pada generasi Z.
Kata Kunci: Drama Korea, Minat Beli, Makanan Korea, Mahasiswa.
The COVID-19 pandemic has changed community activities. For instance, college students lecture activities based on on-site lecturing turned to online lecturing. The monotonous activities tend to be boring. To handle this boredom, students entertain themselves by watching Korean dramas. This study aims to research the effect of Korean dramas on the intention to buy Korean food among college students in Surabaya. The collection of this data using the survey method is an act by distributing the questionnaires to 160 samples via Google Form that fit predetermined criteria, namely college students in Surabaya who like to watch Korean dramas and once eaten Korean food. This questionnaire tested the validity with 0,355 of the r-table value, and in the reliability testing, the questionnaire is reliable. The data was processed with IBM SPSS 25 to know the effect between them by using a simple linear regression test and testing the coefficient of determination. The analyzed test result shows that Korean dramas affect the interest in buying Korean food among Surabaya college students. This result is in line with research by Hardiyanti that K-Pop and K-Drama fanaticism have a positive and significant effect on purchase decisions for South Korean street food in generation Z.
Keywords: Korean Drama, Buying Interest, Korean Food, College Student