Turbo cyclone adalah alat tambahan yang digunakan pada internal combustion engine yang berfungsi untuk membuat aliran udara yang akan masuk ke dalam silinder menjadi berputar atau swirling. Dengan berputarnya aliran udara maka akan meningkatkan intensitas percampuran bahan bakar dengan udara (fuel/ air mixing), meningkatkan pembakaran dan nyala api pembakaran dengan memanfaatkan zona yang yang masih dipengaruhi perputaran serta dapat memperbaiki propagasi api sehingga pembakaran yang sempurna dapat dicapai. Turbo cyclone dapat dipasang di atau antara intake manifold dan karburator atau throttle body.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian perancangan dan eksperimen, dimana penelitian memanfaatkan penambahan alat turbo cyclone yang telah dirancang sebelumnya untuk membandingkan unjuk kerja dan fuel consumption dari motor bakar kondisi standard tanpa menggunakan turbo cyclone dengan motor bakar menggunakan turbo cyclone pada intake manifold. Jenis turbo cyclone yang digunakan dalam penelitian ini adalah turbo cyclone dengan variasi lubang sudu, sudu berjumlah 4 dan sudut aksialnya 450. Variabel bebas penelitian ini adalah turbo cyclone variasi lubang sudu turbo cyclone, yaitu turbo cyclone tanpa lubang, turbo cyclone dengan 1 lubang tiap sudu, turbo cyclone dengan 2 lubang tiap sudu, turbo cyclone dengan 3 lubang tiap sudu. Objek penelitian ini menggunakan sepeda motor Honda Scoopy FI tahun perakitaan 2014 dengan kapasitas mesin 110 cc. Metode pengujian unjuk kerja mesin berdasarkan standart ISO 1585. Pengujian ini dilakukan pada kondisi bukaan throttle kontinyu mulai dari bukaan throttle minimum sampai bukaan throttle maksimum (Full Open Throttel Valve).
Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan variasi lubang sudu turbo cyclone 2 lubang pada setiap sudu adalah yang terbaik dengan Torsi maksimum tertinggi sebesar 18,57 N.m pada putaran 2500 rpm dan daya maksimum tertinggi sebesar 6,63 HP pada putaran 3000 rpm, serta konsumsi bahan bakar terendah yakni sebesar 0,20 ml/detik pada putaran 2000 rpm.
Kata kunci: Turbo cyclone, swirl, torsi, daya, konsumsi bahan bakar.
Turbo cyclone is an additional tool that is used in an internal combustion engine that serves to make the air flow into the cylinder will be rotating or swirling. By turning the air flow will increase the intensity of mixing fuel with air (fuel / water mixing), improved combustion and flame combustion by utilizing a zone that is still influenced by the velocity of propagation of fire and can improve so that complete combustion can be achieved. Turbo cyclone can be mounted on or between the intake manifold and carburetor or throttle body.
This research is the design of research and experimentation, where research utilizing the addition of turbo cyclone tool previously designed to compare the performance and fuel consumption of motor fuel standard conditions without using the turbo cyclone with internal combustion engines using turbo cyclone on the intake manifold. Turbo cyclone type used in this research is the turbo cyclone with a variation of the blade hole, the blade consists of 4 and the axial angle of 450. The independent variables are the turbo cyclone variations in blade hole turbo cyclone, that is without holes cyclone turbo, turbo cyclone with one hole each blade, turbo cyclone with 2 holes each blade, turbo cyclone with 3 holes each blade. The object of this study using a motorcycle Honda Scoopy FI assembled at 2014 with a 110 cc engine capacity. Engine performance testing metho ds based on standard ISO 1585. This test was carried out under continuous throttle opening from the throttle opening minimum to maximum throttle opening (Full Open Throttle Valve).
Results of research can be concluded that the use of turbo blade variation turbo cyclone 2 holes on each blade is the best with the highest maximum torque of 18,57 Nm at 2500 rpm rotation and the highest maximum power of 6.63 HP at 3000 rpm rotation, as well as the lowest fuel consumption of 0.20 ml/ sec at 2000 rpm rotation.
Keywords: Turbo cyclone, swirl, torque, power, fuel consumption.