EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA GERABAH MLATEN
ETHNOMATHEMATIC EXPLORATION IN MLATEN POTTERY
Budaya dijadikan sebagai sarana untuk belajar dari kehidupan sehari-hari. Matematika dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, yaitu dapat dipelajari melalui budaya. Istilah matematika dalam budaya disebut dengan etnomatematika. Setiap daerah memiliki budaya masing-masing. Di desa Mlaten juga ada warisan yang sudah turun temurun yaitu gerabah dengan ukiran khas Majapahit. Gerabah ini menjadi khas karena dihiasi dengan ukiran khas Majapahit. Gerabah Mlaten sangat khas karena adanya ukiran Majapahit, dan sudah diajarkan secara turun temurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika apa saja yang terdapat pada gerabah Mlaten sehingga dapat dijadikan sumber belajar dalam pembelajaran metematika. Melalui studi literatur, eksplorasi, dan observasi ditempat pembuatan gerabah Mlaten secara langsung, serta dengan pendekatan etnografi, maka dapat disimpulkan bahwa konsep matematika yang terdapat pada gerabah Mlaten adalah konsep lingkaran, konsep transformasi geometri, konsep bangun datar, konsep bangun ruang sisi lengkung, konsep fungsi, dan konsep volume benda putar. Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada gerabah dapat mempermudah pemahaman siswa tentang permasalahan yang ada di lingkungan sekitar mereka, seperti bentuk lingkaran pada gerabah, bentuk kurva parabola yang terdapat pada gerabah.
Kata kunci : etnomatematika, konsep matematika, gerabah
Culture is used as a means to learn from everyday life. Mathematics can be associated with daily life, which can be learned through culture. The term mathematics in culture is called ethnomatematics. Each region has its own culture. In the village of Mlaten there is also a legacy that has been passed down, namely pottery with typical Majapahit carvings. The pottery became distinctive because it was decorated with Majapahit carvings. Mlaten pottery is very unique because of the Majapahit carvings, and has been taught from generation to generation. The purpose of this study is to explore any mathematical concepts contained in the Mlaten pottery so that it can be used as a learning resource in learning mathematics. Through literature studies, explorations, and observations at the place of making Mlaten earthenware directly, as well as with the ethnographic approach, it can be concluded that the mathematical concepts contained in the Mlaten earthenware are the concept of a circle, the concept of geometry transformation, the concept of a flat structure, the concept of a curved side space, the concept functions, and the concept of rotary object volume. Ethnomatemics-based mathematics learning on earthenware can facilitate students' understanding of problems in their environment, such as the shape of the circle on the earthenware, the shape of the parabolic curve contained in the earthenware.
Keywords: ethnomatematics, mathematical concepts, pottery