PERANCANGAN BRAND IDENTITY JAMUR (JAWA TIMUR) KOPI
BRAND IDENTITY DESIGN OF JAMUR (EAST JAVA) COFFEE
JAMUR Kopi sebuah bisnis baru yang membutuhkan Identitas brand. JAMUR Kopi adalah sebuah bisnis kopi yang menjual produk kopi yang berasal dari Jawa Timur. Produk kopi yang diambil langsung dari 6 kota yaitu Banyuwangi, Malang, Jember, Kediri, Nganjuk, Ponorogo. Permasalahan yang dihadapi adalah masyarakat belum mengetahui eksistensi dari JAMUR Kopi. Masyarakat lebih memilih brand kopi yang sudah memiliki pasar dan sudah masuk di supermarket dan toko-toko kelontong. Hal ini berdampak pada ekonomi bisnis JAMUR Kopi. Semua efek dari kurang kuatnya identitas brand. Berdasarkan hal tersebut penelilti berinisiatif merancang Brand identity dari JAMUR Kopi. Metode perancangannya menggunakan tahapan design thinking milik d.school yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Sedangkan Metode Analisis Data dengan menggunakan 5W + 1H (What, When, Why, Who, Where, How) untuk mengidentifikasi data dan penentuan Unique Selling Proposition. Hasil dari perancangan yakni berupa buku Brand Guideline Identity System yang menjelaskan tentang pedoman penggunaan brand, penjabaran logo, font, warna, dan implementasi serta pengaplikasiannya didalam media pendukung yang relevan. Media pendukungnya akan berupa stationary set, digital design, print, dan uniform. Diharapkan masyarakat lebih mengenal JAMUR Kopi dan membangun persepsi agar lebih berkembang.
JAMUR Kopi is a new business that needs a brand identity. JAMUR Kopi is a coffee business that sells coffee products originating from East Java. Coffee products are taken directly from 6 cities, namely Banyuwangi, Malang, Jember, Kediri, Nganjuk, Ponorogo. The problem faced is that people do not know about the existence of JAMUR Kopi. People prefer coffee brands that already have a market and have entered supermarkets and grocery stores. This has an impact on the business economy of JAMUR Kopi. All the effects of a lack of strong brand identity. Based on this, the researcher took the initiative to design the Brand identity of JAMUR Kopi. The design method uses d.school's design thinking stages, namely empathize, define, ideate, prototype, and test. Meanwhile, the Data Analysis Method uses 5W + 1H (What, When, Why, Who, Where, How) to identify the data and determine the Unique Selling Proposition. The result of the design is in the form of a Brand Guideline Identity System book which explains the guidelines for using the brand, the description of the logo, font, color, and implementation and application in the relevant supporting media. The supporting media will be in the form of stationary sets, digital designs, prints, and uniforms. It is hoped that the community will know more about JAMUR Kopi and build perceptions so that they are more developed.