ABSTRAK
F.X. Eko Suroyo. 2019. Kreativitas Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Perkalian Berdasarkan Perbedaan Gender. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Siti M. Amin, M.Pd. dan (II) Dr. Agung Lukito, M.S.
Kata-kata kunci : kreativitas, siswa SD, masalah perkalian, gender
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah perkalian berdasarkan perbedaan gender.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Santo Carolus, Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan mengerjakan tes masalah perkalian, yang sudah divalidasi dengan hasil Layak Dipergunakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Analisis yang didapatkan dari tes tertulis dan wawancara, tipe Maskulin, siswa SD memiliki tiga indikator tentang kreativitas. Tipe Maskulin ini memiliki kefasihan dalam mengerjakan soal cerita dan soal perkalian yang terbuka, karena bisa menjawab dengan benar lebih dari satu jawaban yang benar. Tipe Maskulin ini juga memilik keluwesan dalam mengerjakan soal cerita dan soal perkalian yang terbuka karena bisa mengerjakan lebih dari satu cara dengan benar. Tipe maskulin ini juga menunjukkan kebaruan dalam mengerjakan soal cerita.(2) Analisis yang didapatkan dari tes tertulis dan wawancara, tipe Feminin, siswa SD memiliki tiga indikator tentang kreativitas. Tipe Feminin ini memiliki kefasihan dalam mengerjakan soal cerita dan soal perkalian yang terbuka, karena bisa menjawab dengan benar lebih dari satu jawaban yang benar. Tipe Feminin ini juga memilik keluwesan dalam mengerjakan soal cerita dan soal perkalian yang terbuka karena bisa mengerjakan lebih dari satu cara dengan benar. Tipe Feminin ini juga menunjukkan kebaruan dalam mengerjakan soal cerita.
ABSTRACT
F.X. Eko Suroyo. 2012. Creativity in Elementary School Students Solve Multiplication Problem Base on Gender Differences. Thesis, Postgraduate Program of Elementary Education Department. State University of Surabaya. Advisor: (I) Prof. Dr. Siti M. Amin, M.Pd. and (II) Dr. Agung Lukito, M.S.
Keywords: creativity, elementary school students, multiplication issues, gender
This research aims to describe the creativity of students in solving the problem of multiplication based on gender differences. The research subject is a sixth grade students of Saint Carolus Elementary School, Surabaya. Data collection is done with interviews and working on the multiplication problem test, which has been validated with the results worth use. The results showed that: (1) Analysis obtained from written and interview tests, masculine type, elementary students have three indicators of creativity. This masculine type has the fluency of working on the story problems and the open multiplication problems, because it can answer correctly more than one correct answer. This masculine type also has the flexibility of working on the story and an open multiplication problem because it can work more than one way right. This masculine type also demonstrates the novelty of working on the story. (2) The analysis gained from written tests and interviews, Feminine type, elementary students have three indicators of creativity. This feminine type has the fluency in working on the story and the open multiplication problem, because it can answer correctly more than one correct answer. This feminine type also has the flexibility of working on the story and an open multiplication problem because it can work more than one way right. This feminine type also demonstrates the novelty of working on the story.