HUBUNGAN PROMO CASHBACK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MUSLIM SURABAYA DALAM PELAYANAN DIGITAL WALLET OVO
Abstrak
Pertumbuhan perekonomian digital Indonesia sejak 2016 bertumbuh pesat salah satunya dengan adanya digital wallet. Digital wallet terbaik di Indonesia adalah Ovo dengan adanya layanan promo cashback yang membuat pelanggan merasa diberikan kemudahan untuk bertransaksi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan antara promo cashback dengan loyalitas pelanggan muslim Surabaya dalam pelayanan digital wallet Ovo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah responden yang digunakan yaitu sejumlah 100 responden yang merupakan pengguna Ovo di Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert kemudian diolah dan dianalisis dengan aplikasi SPSS Statistics versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promo cashback mempunyai hubungan yang rendah dengan loyalitas pelanggan muslim Surabaya dalam pelayanan digital wallet Ovo.
Abstract
The growth of Indonesia's digital economy since 2016 has grown rapidly, one of which is the presence of digital wallet. The best digital wallet in Indonesia is Ovo with the cashback promo service that makes customers feel given the convenience to transact. This research aims to exemine the relationship between cashback promotion with muslim customer's loyalty in digital wallet Ovo services. This study is using quantitative method with descriptive approach. The number of respondents with a total of 100 respondents Ovo users in Surabaya. The data collection technique of this research using questionnaire method then measured on a Likert scale and analysed with the help of SPSS Statistics version 23 software. The results of this study indicated a low relationship between cashback promotion with muslim customer's loyalty in digital wallet Ovo services.