Keterampilan berbicara merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap orang yang berguna untuk menyampaikan pesan, gagasan, atau ide secara lisan dengan bahasa yang lugas dan jelas, komunikatif, serta ekspresif kepada lawan bicara baik individu maupun kelompok.
Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas IV SD Katolik St. Yustinus de Yacobis Krian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan berbicara dari 33 siswa terdapat 23 siswa atau 69,9% siswa mendapat skor dibawah KKM. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa digunakan metode bermain peran.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara kolaborasi yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas IV SD Katolik St. Yustinus de Yacobis Krian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa observasi, unjuk kerja, catatan lapangan, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa menggunakan metode bermain peran pada siklus I 6% meningkat pada siklus II menjadi 84% dan sudah mencapai indikator ketuntasan minimal secara klasikal yaitu 80% sehingga penelitian dicukupkan pada siklus dua.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Katolik St. Yustinus de Yacobis Krian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV baik secara individu maupun klasikal.
Kata Kunci : Metode bermain peran, keterampilan berbicara.
Speaking skills are important things that must be owned by everyone who are useful for conveying messages, ideas, or ideas verbally with straightforward and clear language, communicative, and expressive to the interlocutor both individuals and groups.
Based on the observations of the implementation of learning in the fourth grade of Catholic St. Yustinus de Yacobis Krian in learning Indonesian in aspects of speaking skills from 33 students, there were 23 students or 69.9% of students scored under KKM. To improve students' speaking skills used role playing methods.
This classroom action research was carried out in collaboration, consisting of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection carried out in two cycles. The subjects of this study were 33 fourth grade students at Catholic St. Yustinus de Yacobis Krian. Data collection techniques use tests in the form of observation, performance, field notes, and documentation.
The results showed that the activity of students using the role playing method in the first cycle of 6% increased in the second cycle to 84% and had reached the minimum completeness indicator classically, which was 80% so that the study was sufficient in cycle two.
Based on the results of research and discussion about the use of role playing methods to improve the speaking skills of fourth grade students at Catholic St. Elementary School Yustinus de Yacobis Krian can be concluded that the implementation of learning activities using the role playing method can improve the speaking skills of fourth grade students both individually and classically.
Keywords: Role playing methods, speaking skills.