ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG ANGKUTAN UMUM LYN R RUTE KALIMAS – JEMBATAN MERAH PLAZA (JMP) – KENJERAN KOTA SURABAYA
PASSENGER SATISFACTION ANALYSIS OF PUBLIC TRANSPORT LYN R ROUTE KALIMAS-JEMBATAN MERAH PLAZA (JMP) - KENJERAN KOTA SURABAYA
Abstrak
Angkutan Umum Lyn R adalah salah satu Angkutan Umum yang berada di Kota Surabaya dengan tujuan Terminal Kalimas-Jembatan Merah Plaza (JMP)-Kenjeran. Menurut data dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya yang aktif tahun 2021 terdapat 81 armada dari 85 armada yang aktif di tahun 2017. Hasil wawancara dengan Paguyupan sopir Angkutan Umum Lyn R yang aktif beroperasi sebanyak 35 armada di tahun 2021 sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor kepuasan penumpang Angkutan Umum Lyn R di Kota Surabaya meliputi kelancaran dan kecepatan, aksesibilitas, keamanan dan keselamatan, kapasitas, kenyamanan, kondisi sarana Angkutan Umum Lyn R.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah penumpang Angkutan Umum Lyn R. Sampel penelitian ini sebesar 50 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik skoring skala likert dengan klasifikasi kelas terdapat kelas pertama: 200-163 sangat baik, kelas kedua: 162-125 baik, kelas ketiga: 124-88 buruk, kelas keempat: 87-50 sangat buruk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kepuasan penumpang Angkutan Umum Lyn R menunjukan skor rata-rata skor 128 angka ini tergolong pada kelas kedua masuk ke dalam kategori baik. Faktor kepuasan penumpang Angkutan Umum Lyn R yakni kelancaran dan kecepatan yang buruk dengan skor 121, aksesibilitas yang buruk dengan skor 124, keamanan serta keselamatan yang baik dengan skor 143, kapasitas yang baik dengan skor 152, kenyamanan yang buruk dengan skor 113, dan kondisi sarana Angkutan Umum Lyn R yang baik dengan skor 132.
Kata Kunci: Angkutan Umum Lyn R, Faktor Kepuasan, Transportasi
Abstract
Lyn R Public Transportation is one of the Public Transportation located in the city of Surabaya with the aim of Kalimas Terminal-Jembatan Merah Plaza (JMP)-Kenjeran. According to data from the Surabaya City Transportation Agency which was active in 2021, there were 81 fleets out of 85 active fleets in 2017. The results of an interview with the Lyn R Public Transportation Driver Association, which is actively operating as many as 35 fleets in 2021 to date. This study aims to describe the satisfaction factors of Lyn R Public Transportation passengers in the City of Surabaya including smoothness and speed, accessibility, security and safety, capacity, comfort, condition of Lyn R Public Transportation facilities.
This type of research is survey research using a quantitative method approach. The population of this study was public transport passenger Lyn R. The sample of this study was 50 respondents using accidental sampling techniques. Data collection techniques through observation, questionnaires, and documentation. The data analysis technique uses the likert scale scoring technique with the classification of classes there is the first class: 200-163 very good, the second class: 162-125 good, the third class: 124-88 bad, the fourth class: 87-50 very bad.
The results showed that the satisfaction factor of Lyn R Public Transport passengers showed that the average score of 128 figures was classified as in the second class of being included in the good category. The satisfaction factors of Lyn R Public Transport passengers are smoothness and poor speed with a score of 121, poor accessibility with a score of 124, good security and safety with a score of 143, good capacity with a score of 152, poor comfort with a score of 113, and good condition of Lyn R Public Transport facilities with a score of 132.
Keywords: Lyn R Public Transport, Satisfaction Factor, Transportation