Peran Instruktur Dalam Menyiapkan Kompetensi Lulusan Progam Keahlian Perhotelan Front Office di Lembaga Kursus dan Pelatihan Surabaya Hotel School
The Role of Instructors in Preparing Competencies for Graduates of the Front Office Hospitality Expertise Program at the Surabaya Hotel School Course and Training Institute
Front Office merupakan salah satu progam keahlian perhotelan khusus yang ada di LKP Surabaya Hotel School. Proses pembelajaran didukung oleh instruktur praktisi yang professional. Pembelajaranya menempuh waktu yang relatif singkat dengan model penerapan praktek lebih banyak dibanding teori. Penelitian ini didasari oleh banyaknya lulusan yang dapat langsung bekerja dan banyak terserap di industri perhotelan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran instruktur dalam menyiapkan kompetensi lulusan progam keahlian perhotelan front office, mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah instruktur, peserta didik, dan pengelola. Data dikumpulkan melalui metode wawancara mendalam dan observasi partisipan. Analisis data menggunakan koleksi data, reduksi data, display data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Pada kriteria keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji dependabilitas, dan uji konformabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran instruktur dalam menyiapkan kompetensi lulusan front office yaitu sebagai: Pendidik, fasilitator, motivator, evaluator. Peran instruktur diantaranya sebagai (1) Pendidik, memahami materi yang terkait dengan bidang keahlian, memahami karakteristik peserta didik, memanfaatkan media dan alat bantu, membantu dan mengarahkan dalam pemecahan masalah, membangun komunikasi yang efektif kepada peserta didik. (2) Fasilitator, peran instruktur sebagai fasilitator diantaranya: menggunakan metode pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang menarik. (3) Motivator, peran instruktur sebagai motivator diantaranya: pembentukan atau menumbuhkan kesadaran peserta didik, menumbuhkan minat untuk belajar, memberikan pujian atau kata – kata. (4) Evaluator, peran instruktur sebagai evaluator diantaranya: mengamati daya tangkap atas pemahaman peserta didik, memberikan umpan dan menerima feedback, melakukan evaluasi berupa ujian teori dan praktek. Faktor pendukung yang ditemukan, antara lain: instruktur adalah praktisi profesional, pembelajaran lebih banyak praktek dari pada teori (rasio 70% dibanding 30%), mempunyai jaringan mitra kerja yang luas. Bahan ajar baik kurikulum atau silabus selalu diperbaharui, dan mempunyai fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap. Faktor penghambat yang ditemukan antara lain: peserta didik kurang menguasai bahasa inggris dan peserta didik kurang memperhatikan kerapian dalam berpakaian seragam. Kesimpulanya instruktur berperan sangat aktif dalam membantu dan mempersiapkan peserta didik sebagai kompetensi lulusan yang unggul.
Front Office is one of the special hospitality expertise programs at LKP Surabaya Hotel School. The learning process is supported by professional practitioner instructors. The learner takes a relatively short time with a model of applying more practice than theory. This research is based on a large number of graduates who can directly work and are absorbed in the hotel industry. This study aims to describe the role of instructors in preparing the competencies of graduates of the front office hospitality program, describing the supporting and inhibiting factors.
This research uses a descriptive qualitative approach. Informants in this study were instructors, students, and managers. Data was collected through in-depth interviews and participant observation. Data analysis uses data collection, data reduction, data display, verification, and conclusion drawing. The data validity criteria use the credibility test, the dependability test, and the conformability test.
The results showed that the instructor's role in preparing front office graduate competencies was as Educator, facilitator, motivator, evaluator. The roles of instructors include (1) Educators, understanding material related to the field of expertise, understanding the characteristics of students, utilizing media and tools, helping and directing problem-solving, building effective communication with students. (2) The facilitator, the role of the instructor as a facilitator include: using learning methods, creating an interesting learning environment. (3) Motivator, the role of the instructor as a motivator includes formation or foster student awareness, foster interest in learning, giving praise or words. (4) Evaluator, the instructor's role as an evaluator includes: observing the comprehension of students' understanding, providing feedback, and receiving feedback, evaluating in the form of theoretical and practical tests. Supporting factors found, among others: instructors are professional practitioners, learning more practice than theory (ratio of 70% compared to 30%), and have a wide network of partners. Teaching materials either curriculum or syllabus are always updated and have complete facilities and infrastructure. Inhibiting factors found include: students do not master English and students pay less attention to neatness in uniform. In conclusion, the instructor plays a very active role in helping and preparing students as excellent graduate competencies.