THE EFFECT OF FAMILI'S TOLERANCE VALUE AND A MOTHER'S EDUCATION LEVEL TOWARDS CHILDREN'S TOLERANCE CHARACTER
Penelitian dilakukan untuk menganalisis pengaruh nilai toleransi keluarga dan tingkat pendidikan ibu terhadap karakter toleransi anak di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Desain penelitian adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian melibatkan 127 ibu dan 127 anak usia 13 – 15 tahun, dipilih dengan teknik simple random sampling kemudian di wawancarai dengan kuisioner. Teori yang digunakan adalah teori perkembangan moral dari L. Kohlberg yang membagi 3 tingkatan yakni pra konvensional, konvensional dan pasca konvensional. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil menemukan bahwa tingkat pendidikan ibu berpengaruh signifikan terhadap karakter toleransi anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t variabel tingkat pendidikan ibu menemukan t hitung (5,308) > t tabel (1,979) dan nilai sig. (0,000) < (0,05). Nilai toleransi keluarga berpengaruh signifikan terhadap karakter toleransi anak, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t variabel nilai toleransi keluarga sebesar t hitung (10,417) > t tabel (4,78) dan nilai sig. (0,000) < (0,05). Hasil juga mengungkapkan bahwa nilai toleransi keluarga dan tingkat pendidikan ibu secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap karakter toleransi anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F menemukan F hitung (65,940) > F tabel (3,07) dan nilai sig. (0,000) < (0,05). Selain itu, nilai R Square pada pengujian hipotesis sebesar (0,508), hal ini menunjukkan sebesar 50,8% karakter toleransi anak dipengaruhi oleh variabel yang digunakan dalam penelitian.
Kata Kunci : tingkat pendidikan ibu, nilai toleransi keluarga, karakter toleransi anak.
The study was conducted to analyze the effect of famili's tolerance values and the level of mother's education on the tolerance character of children in Bejijong Village, Trowulan District, Mojokerto Regency. The research design is an associative study with a quantitative approach. The study involved 127 mothers and 127 children aged 13-15 years, selected by simple random sampling technique and then interviewed with a questionnaire. The theory used is the theory of moral development by L. Kohlberg which divides 3 levels, namely pre-conventional, conventional and post-conventional. Data were analyzed using multiple regression analysis, coefficient of determination, t test and F test. The results found that the level of maternal education had a significant effect on the character of tolerance of children. This is evidenced by the results of the t test for the variable level of mother's education to find t count (5.308)> t table (1.979) and the value of sig. (0.000) <(0.05). The value of family tolerance has a significant effect on the character of tolerance of children, this is evidenced by the results of the t test for the variable family tolerance value of t count (10.417)> t table (4.78) and the sig value. (0.000) <(0.05). The results also reveal that the family tolerance value and the mother's education level together have a significant effect on the tolerance character of children. This is evidenced by the results of the F test to find F count (65.940)> F table (3.07) and the value of sig. (0.000) <(0.05). In addition, the value of R Square in hypothesis testing is (0.508), this shows that 50.8% of children's tolerance character is influenced by the variables used in the study.
Keywords: mother's education level, family tolerance value, children's tolerance character.