Latar belakang penelitian ini adalah perlunya media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Materi fisika dalam beberapa teori bersifat abstrak seperti pada materi gelombang elektromagnetik yang perlu dibuat simulasi animasi untuk dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa. Kurangnya media pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran mengakibatkan mahasiswa menjadi kurang termotivasi, keaktifan mahasiswa masih kurang dan merasa bosan saat mengikuti pelajaran. Pembuatan media pembelajaran kini lebih mudah dengan bantuan software Autoplay Media Studio.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio yang layak, dinilai dari tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kevalidan ditentukan dari penilaian validator, kepraktisan ditentukan dari respon mahasiswa, dan pengamatan aktivitas mahasiswa, sedangkan keefektifan ditentukan dari pengamatan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development dari Brog and Gall yang memiliki sepuluh langkah penelitian. Karena hasil penelitian ini tidak diproduksi secara masal dan hanya disajikan secara terbatas. Sehingga penelitian ini hanya menggunakan 7 tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan awal produk, pengujian awal, revisi produk utama, uji produk luas, analisis dan laporan. Pada penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai sempel yaitu kelas Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2018.
Hasil penelitian tentang kevalidan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio dinyatakan sangat valid dengan hasil rating 84,58 persen. Hasil penelitian tentang kepraktisan media pembelajaran yaitu 1. respon mahasiswa mendapat respon sangat baik dengan hasil rating 89,58 persen, 2. pengamatan aktivitas mahasiswa dinyatakan baik dengan hasil rating 96,47 persen. Sedangkan Hasil penelitian tentang keefektifan yaitu 1. pengamatan aktivitas pembelajaran untuk media pembelajaran menggunakan Autoplay Media Studio dinyatakan baik dengan hasil rating 98,4 persen, dan 2. hasil belajar mahasiswa PTE 2018 didapatkan untuk rata-rata hasil pretest yaitu 26,5385, sedangkan rata-rata hasil posttest yaitu 85,5128. Dan untuk hasil analisis SPSS taraf signifikansi antara pretest dan posttest adalah 0,00. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa hasil signifikansi lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 dapat diterima sehingga disimpulkan bahwa terdapat pebedaan rata-rata pada hasil pretest dan posttest mahasiswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan media Autoplay Media Studio. Nilai tes mahasiswa kelas PTE 2018 antara nilai sebelum menggunakan media pembelajaran Autoplay Media Studio dengan nilai setelah menggunakan media pembelajaran Autoplay Media Studio pada proses pembelajaran didapatkan nilai Gain rerata pada kelas PTE 2018 adalah sebesar 0,8 yang artinya peningkatan hasil belajar mahasiswa kelas PTE 2018 tergolong tinggi ketika diberikan media pembeljaran Autoplay Media Studio.
Peneliti menyarankan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio dapat digunakan dosen pada tahun ajaran berikutnya selama masih menggunakan kurikulum yang sama.
Kata kunci media pembelajaran, Autoplay Media Studio, kevalidan, kepraktisan, keefektifan.
The background of this research is the need for learning media that can be used in the learning process. Physics material in several theories is abstract as in the electromagnetic wave material that needs to be made an animation simulation to be able to improve student understanding. The lack of learning media used during learning resulted in students becoming less motivated, the activity of students still lacking and feeling bored while attending the lesson. Making learning media is easier with the help of Autoplay Media Studio software.
This study aims to develop appropriate learning media based on Autoplay Media Studio, assessed from three aspects, namely validity, practicality and effectiveness. Validity is determined from the validators assessment, practicality is determined from student responses, and observations of student activities, while effectiveness is determined by observing learning activities and student learning outcomes.
This study uses research and development methods or Research and Development from Brog and Gall which has ten steps of research. Because the results of this study were not mass-produced and only presented in a limited way. So this study only uses 7 stages, namely research and information collection, planning, product development, initial testing, main product revisions, extensive product testing, analysis and reports. In this study using one class as a sample, namely the Electrical Engineering Education class of 2018.
The results of the research on the validity of Autoplay Media Studio based learning media were stated to be very valid with a rating of 84.58percent. The results of research on the practicality of learning media are 1. the response of students gets a very good response with a rating of 89.58 percent, 2. observations of student activities are declared good with a rating of 96.47 percent. While the results of research on effectiveness, namely 1. observation of learning activities for learning media using Autoplay Media Studio was declared good with a rating of 98.4 percent, and 2. the learning outcomes of 2018 PTE students were obtained for the average pretest results of 26,5385 , while the average posttest result is 85.5128. And for the results of the SPSS analysis the significance level between pretest and posttest is 0.00. From these results it was found that the results of significance less than 0.05. Thus H0 is rejected and H1 is acceptable so it can be concluded that there are average differences in the results of the pretest and posttest of students after being given learning using the Autoplay Media Studio media. The test scores of students of the PTE 2018 class between grades before using the Autoplay Media Studio learning media with scores after using the Autoplay Media Studio learning media in the learning process. the average Gain value in the PTE 2018 class is 0.8, which means that the increase in student learning outcomes of the 2018 PTE class is high when Autoplay Media Studio learning media are given.
The researcher suggests that Autoplay Media Studio-based learning media can be used by instructors in the following school year while still using the same curriculum.
Keywords learning media, Adobe Flash, validity, practicality, effectiveness