Argumentasi Analogis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin
Analogical Argumentation Of Junior High School Students In Solving Mathematics Problems Reviewing From Differences Gender
Argumentasi analogis merupakan salah satu bagian dari penalaran analogi yang memiliki peran penting dalam matematika. Argumentasi analogis dapat membantu seseorang menunjukkan suatu pernyataan itu masuk akal. Argumentasi seseorang dapat dilihat ketika menyelesaikan masalah karena argumentasi berfungsi untuk menghasilkan dan mendukung solusi dari suatu masalah. Dalam menyelesaikan masalah, jenis kelamin berpengaruh dalam prosesnya. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan argumentasi analogis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika yang ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Subjek penelitian ini adalah dua siswa kelas VIII-K SMP Negeri 2 Surabaya, satu laki-laki dan satu perempuan yang berkemampuan matematika sama. Penelitian dilakukan secara online melalui Googleform untuk pengerjaan tes argumentasi analogis dan Whatsapp sebagai media wawancara. Instrumen pendukung penelitian adalah tes argumentasi analogis dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan komponen argumentasi analogis yaitu klasifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesamaan pada komponen klasifikasi yaitu kedua siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri atau struktur masalah sumber dan masalah target sehingga pada komponen kesimpulan keduanya dapat menyusun pernyataan logis dari penyelesaiannya. Perbedaannya terletak pada komponen klasifikasi yaitu siswa perempuan dapat mengidentifikasi kesamaan struktur antara masalah sumber dan masalah target, sedangkan siswa laki-laki kurang tepat dalam mengidentifikasi kesamaan strukturnya. Sehingga pada komponen kesimpulan siswa perempuan dapat menggunakan argumentasi analogis untuk menyimpulkan kedua masalah dengan logis, sedangkan siswa laki-laki kurang logis.
Kata kunci: Argumentasi Analogis, Masalah Matematika, Jenis Kelamin
Analogical argumentation is a part of analogical reasoning which has an important role in mathematics. Analogical argumentation can help one to demonstrate that a statement is reasonable. Someone's argument can be seen when solving a problem because argumentation functions to generate and support a solution to a problem. In solving problems, gender influences the process. This qualitative research aims to describe students' analogical argumentation in solving math problems in terms of gender differences. The subjects of this study were two students from class VIII-K SMP Negeri 2 Surabaya, one male and one female with the same math ability. The research was conducted online via Googleform for the analogical argumentation test and Whatsapp as a platform for interviews. The research instruments were the analogical argumentation test and the latest interviews. The data obtained were then analyzed using analogical argumentation components, namely classification and conclusions. The results showed that there were complaints on the classification component, namely that the two students were able to identify the characteristics or structure of the source problem and the target problem so that the comments component was able to make a statement of the solution. The difference is in the classification component, namely students who are able to identify the problem between the problem and the target problem, not quite right in the understanding of the structure. Both female students were able to use analogical argumentation to conclude both problems logically, while male students were less logical.
Keywords: Analogical Argumentation, Mathematical Problems, Gender.