THE EFFECT OF QUIZWHIZZER ON JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS READING COMPREHENSION
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah penggunaan QuizWhizzer sebagai media dalam pembelajaran teks deskriptif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca peserta didik SMP. Penelitian kuantitatif ini menerapkan desain kuasi eksperimental dengan kelompok eksperimen dan kontrol. Melalui purposive sampling, terdapat 45 peserta didik kelas 7 di sebuah SMP swasta di Surabaya pada tahun ajaran 2023/2024 yang dilibatkan dalam penelitian ini. Peserta didik dibagi kedalam kelompok eksperimen yang terdiri dari 22 peserta didik, dan kelompok kontrol yang terdiri dari 23 peserta didik. Tes pemahaman membaca dengan 30 pertanyaan digunakan untuk mengumpulkan data. Data pre-test dan post-test diuji menggunakan statistik inferensial dengan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata post-test kelompok eksperimen (M=82.45) meningkat lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol (M=75.52). Selain itu, nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0.023 (Sig. 2-tailed < 0.05) dari hasil uji independent sample t-test juga mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada skor post-test diantara kedua kelompok. Kesimpulannya, penggunaan media QuizWhizzer berhasil meningkatkan kemampuan pemahaman membaca peserta didik secara signifikan.
This research aimed to determine whether the use of QuizWhizzer as a learning media in teaching descriptive text had any significant effect on Junior High School students’ reading comprehension ability. This quantitative research used a quasi-experimental design with experimental and control groups. Through a purposive sampling, 45 seventh-grade students at one of private Junior High School in Surabaya in the academic year of 2023/2024 were involved in this research. They were divided into the experimental group which consisted of 22 students, and the control group which consisted of 23 students. A reading comprehension test with 30 questions was used to gather data. The pre-test and post-test data were examined using inferential statistics with an independent sample t-test. Results showed that the experimental group’s post-test mean score (M=82.45) improved better than the control group (M=75.52). Moreover, the significance 2-tailed value of 0.023 (Sig. 2-tailed < 0.05) from the independent sample t-test result also indicated that there was a significant difference in the post-test scores between the two groups. In conclusion, the use of QuizWhizzer media successfully enhanced students’ reading comprehension skills significantly.