Media komik merupakan media yang berbentuk susunan gambar sesuai tujuan dan memiliki filosofi sehingga mampu menyampaikan isi cerita kepada pembaca. Media jenis komik edukasi yang digunakan menjelaskan tentang jajanan sehat. Jajanan sehat adalah makanan atau minuman siap santap yang bebas dari cemaran fisik, kimiawi, dan biologis yang diperjualbelikan di tempat umum. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi : 1) Keefektifan media komik untuk meningkatkan pengetahuan dan motif memilih jajanan sehat siswa SDN Sumberagung 1, 2) Aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran tentang jajanan sehat di SDN Sumberagung 1 dengan media komik.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan one grup pre test post test. Data dikumpulkan dengan teknik tes, angket, dan observasi. Teknik tes untuk memperoleh data kuantitatif pengetahuan, angket untuk memperoleh data kuantitatif motif, sedangkan teknik observasi untuk memperoleh data kualitatif aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan media komik. Analisis data beda skor pengetahuan dilakukan dengan uji beda (uji t) dan analisis data motif dilakukan dengan chi square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peningkatan pengetahuan siswa sebesar 25,58 dengan nilai signifikan (p) sebesar 0,000 karena p < 0,05, dan peningkatan motif siswa sebesar 19,71%, dengan nilai signifikan (p) yaitu 0,000 karena p < 0,05. 2) Rata-rata aktivitas siswa sebesar 81,25% yang menunjukkan bahwa siswa sangat aktif selama pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan penggunaan media komik efektif sebagai media pembelajaran tentang memilih jajanan sehat untuk siswa SDN Sumberagung 1 Plaosan Magetan.
Kata kunci : Jajanan sehat, Media Komik, Keefektifan.
Comic media is media in the form of arrangement of images according to purpose and has a philosophy so that it can deliver the story contents to the reader. Media type of educational comic in which explains about healthy snacks. Healthy snacks are ready-to-eat foods or drinks that are free from physical, chemical and biological contamination that are traded in public places. The purpose of this study was to obtain a description of 1) The effectiveness of comic media to increase knowledge and motives for choosing healthy snacks for SDN Sumberagung students 1, 2) Student activities during learning activities about healthy snacks at SDN Sumberagung 1 with comic media.
This type of research used a quasi experiment. The study design used one group pre test post test. Data collected by test, questionnaire, and observation techniques. Test techniques to obtain quantitative data of students' knowledge, questionnaire to obtain quantitative data of motives, while observation techniques to obtain qualitative data on student activities in learning with comic media. Data analysis of different scor of knowledge is processed by different tests (t test) and motives is processed by chi square.
This research was conducted to determine the effectiveness to healthy snacks comic media as learning media. The results showed that there was an 1) Increase in students' knowledge by 25.58 with significant value (p) 0,000 because p < 0,05, and increase in motives by 19.71% with significant value (p) 0,000 because p < 0,05. 2) An average student activity of 81, 25% which shows that students are very active during learning. This shows that the used of comics as a learning media in choosing healthy snacks for SDN Sumberagung 1 Plaosan Magetan students is effective.
Keywords: Healthy snacks, Comic Media, Effectiveness.