Pemecahan masalah adalah suatu aktivitas untuk mencari penyelesaian dari soal non rutin yang dihadapi dengan menggunakan semua bekal pengetahuan yang dimiliki. Terdapat perbedaan dalam pemecahan masalah siswa, salah satunya disebabkan oleh perbedaan tipe kepribadian. Tipe kepribadian dalam penelitian ini adalah tipe kepribadian ekstrovert dan introvert.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah aljabar siswa SMP ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-B SMP Negeri 32 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa laki-laki dengan kemampuan matematika setara yaitu 1 siswa ekstrovert dan 1 siswa introvert. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tipe kepribadian ekstrovert-introvert, tugas pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan indikator pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemecahan masalah aljabar siswa ekstrovert dan introvert dalam memahami masalah relatif sama hanya saja siswa introvert lebih teliti dalam mengidentifikasi informasi yang diketahui. Selain itu, Siswa introvert menggunakan simbol atau notasi untuk menyatakan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal sedangkan siswa ekstrovert hanya menggunakan simbol untuk menyatakan informasi yang ditanyakan. Pada langkah membuat rencana, siswa ekstrovert dan introvert dapat memilih strategi untuk menyelesaikan masalah. Pada langkah melaksanakan rencana, siswa ekstrovert dan introvert menggunakan strategi yang telah dipilih untuk memecahkan masalah. Dalam melaksanakan rencana, siswa introvert melakukan pengecekkan semua langkah yang telah dilakukan secara berulangkali sedangkan siswa ekstrovert hanya mengecek sebagian langkah yang telah dilakukan. Pada langkah memeriksa kembali, siswa introvert melakukan pengecekan kembali langkah dan jawaban yang sudah dilakukan secara keseluruhan sedangkan siswa ekstrovert hanya melakukan pengecekan kembali sebagian langkah dan jawaban sehingga hasil yang diperoleh kurang tepat. Dalam memecahkan masalah pada soal SPLDV, siswa ekstrovert melakukan pemecahan masalah berulang sedangkan siswa introvert melakukan pemecahan masalah secara linier.
Kata kunci: pemecahan masalah, ekstrovert, introvert, langkah pemecahan masalah Polya.
Problem solving is an activity to find solutions to non-routine problems faced in using all the knowledge available. There are differences in solving student problems, one of them is caused by different personalities. Therefore, The types of personality in this research are extrovert and introvert.
This research was a qualitative research which aimed to describe algebraic problem solving in junior high school students based on extrovert and introverted personality. This research was carried out in class VIII-B of SMP Negeri 32 Surabaya. The subjects of the research were an extrovert and an introvert student who had equivalent mathematical abilities. The research instrument used ware an extrovert-introvert personality type questionnaire, problem solving assignments, and interview guidelines. The data obtained were analyzed based on Polya's problem solving indicators consisting of understanding problems, making plans, implementing plans , and looking back.
The results showed that algebraic problem solving was extrovert and introverted students in understanding problems were relatively the same, only when introverted students identified the known information more thorough so that they were able to mention the complete information. In addition, at the planning stage, ekstrovert and introvert students were able choose strategies to solve the problems. In implementing the plans, ekstrovert and introvert students used the chosen strategy to solve problem. In implementing the plans, introverted students checked all steps that had been taken were as ekstrovert students just checked the parts of the steps that had been taken. At the rechecking stage, introverted students checked the steps and answers that had been done as a whole, while ekstrovert students only re-checked some steps and answers, so that the results obtained were not correct. In solve the problems of the Linear In Two Variables Equation System, extrovert students did repetitive problem solving while introvert students did linearly problem solving.
Keywords: problem solving, extrovert, introvert, Polya problem solving steps.