STUDI EKSPERIMEN PADA FRONT FORK SPRING VARIAN SGP DAN IND TERHADAP PERCEPATAN GETARAN
EXPERIMENTAL STUDY ON FRONT FORK SPRING SGP AND IND VARIANTS ON THE ACCELERATION OF VIBRATION
Sepeda motor memiliki salah satu bagian yang kegunaanya meningkatkan kenyamanan pengendaranya yaitu sistem suspensi. Sistem suspensi salah satu komponen sepeda motor yang memiliki fungsi meredam kejutan dan getaran dari permukaan jalan, sehingga dapat menambah stabilitas dan kenyamanan saat berkendara. Bagian utama pada sistem suspensi salah satunya fork spring. Fork spring memiliki sifat fleksibel tetapi apabila terlalu fleksibel dapat mengganggu kenyamanan pengendaranya. Kejutan dan getaran yang dihasilkan saat berkendara dapat berakibat terjadi keausan dan mengurangi kenyamanan saat berkendara sehingga mengakibatkan pengendara dapat mudah kelelahan saat perjalanan jauh. Dimana dengan permasalahan tersebut penulis melakukan suatu studi eksperimen untuk menyelesaikan masalah tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis menggunakan metode studi eksperimen. Penelitian ini menggunakan varian fork spring tipe SGP (Suzuki Genuine Parts) dan tipe IND (IND Onderdil) sebagai objek yang dikombinasikan dengan variasi pembebanan yaitu 1 beban, 2 beban, tanpa beban dan variasi dari percepatan motor. Analisa data memakai metode deskripsi dengan analisa uji Anova. Pada penelitian ini menunjukan hasil p-value pada variabel RPM mendapatkan tingkat signifikan yang dibawah 5% berarti terdapat perbedaan pada nilai percepatan getaran. Pada varian fork spring SGP nilai rata -rata percepatan getaran tertinggi bernilai 0,93 dm/s² pada percepatan motor 720 RPM, sedangkan fork spring IND nilai rata rata percepatan getaran tertinggi 0,93 dm/s² pada percepatan motor 720 RPM. Pada variabel pembebanan yaitu p-value fork spring SGP, tingkat signifikan diatas 5% berarti tidak ada perbedan yang signifikan pada percepatan getaran, sedangkan p-value fork spring IND, tingkat signifikan dibawah 5% berarti terdapat perbedaan atau pembebanan berpengaruh terhadap percepatan getaran. Pada varian fork spring SGP nilai rata -rata percepatan getaran tertinggi bernilai 0,90 dm/s² pada variasi 2 beban, sedangkan pada fork spring IND nilai rata rata percepatan getaran tertinggi bernilai 0,92 dm/s² pada variasi tanpa beban. Nilai konstanta pegas pada fork spring SGP sebesar 1300 N/m dan nilai konstanta pegas pada fork spring IND sebesar 1600 N/m, konstanta pegas berpengaruh terhadap frekuensi, dimana nilai frekuensi tertinggi fork spring SGP terdapat pada variasi tanpa beban pada 960 RPM bernilai 14,0 Hz dan nilai frekuensi tertinggi fork spring IND terdapat pada variasi tanpa beban pada 960 RPM bernilai 17,6 Hz. Hal ini menunjukan semakin tinggi nilai konstanta pegas semakin tinggi pula frekuensi pegasnya.
Kata Kunci: Getaran, Fork Spring SGP, Fork Spring IND, Mode Of Shapes Analyzer.
Motorcycles have one part that is used to increase the comfort of the rider, namely the suspension system. The suspension system is a motorcycle component that has the function of dampening shocks and vibrations from the road surface so as to increase stability and driving comfort. One of the main parts of the suspension system is the fork spring. Fork spring has flexible properties but if it is too flexible it can interfere with the rider's comfort. The shocks and vibrations generated while driving can result in wear and tear and reduce comfort while driving so that the driver can easily get tired during long trips. Where with these problems the author conducted an experimental study to solve the problem. Based on these problems the authors use the experimental study method. This study uses fork spring variants of the SGP type (Suzuki Genuine Parts) and IND type (IND Parts) as objects combined with variations in loading, namely 1 load, 2 loads, no load and variations of motor acceleration. Data analysis used the description method with ANOVA test analysis. In this study, the results of the p-value on the RPM variable obtained a significant level below 5% meaning that there was a difference in the vibration acceleration value. In the SGP fork spring variant, the highest average vibration acceleration value is 0.93 dm/s² at 720 RPM motor acceleration, while the IND fork spring has the highest average vibration acceleration value of 0.93 dm/s² at 720 RPM motor acceleration. For the loading variable, namely the p-value fork spring SGP, a significant level above 5% means that there is no significant difference in vibration acceleration, while the p-value fork spring IND, a significant level below 5% means that there is a difference or loading affects the acceleration of vibration. In the SGP fork spring variant, the highest average vibration acceleration value is 0.90 dm/s² for 2 load variations, while for the IND fork spring, the highest average vibration acceleration value is 0.92 dm/s² for no-load variations. The value of the spring constant on the SGP fork spring is 1300 N/m and the spring constant value on the IND fork spring is 1600 N/m, the spring constant affects frequency, where the highest frequency value for SGP fork spring is found in variations without load at 960 RPM worth 14, 0 Hz and the highest IND fork spring frequency value is found in the no-load variation at 960 RPM with a value of 17.6 Hz. This shows that the higher the spring constant, the higher the spring frequency.
Keywords: Vibration, Fork Spring SGP, Fork Spring IND, Mode Of Shapes Analyzer.