EFEKTIVITAS TERPAAN MEDIA TIKTOK SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK BITTERSWEET BY NAJLA
EFFECTIVENESS OF TIKTOK MEDIA EXPOSURE AS A MEANS OF BITTERSWEET BY NAJLA PRODUCT
Aplikasi Tiktok adalah salah satu media yang dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk hiburan, edukasi hingga kegiatan pemasaran bisnis. Salah satu pebisnis yang aktif dalam penggunaan aplikasi Tiktok sebagai digital marketing yaitu @bittersweetbynajla. Bittersweet by Najla sendiri merupakan salah satu perusahaan yang diklaim sebagai pelopor dessert box no 1 di Indonesia. Penelitian ini disusun dengan tujuan sebagai tolok ukur efektivitas terpaan media Tiktok sebagai sarana promosi produk Bittersweet by Najla. Pengumpulan data melalui kuisioner dengan responden sebanyak 100 orang mengacu pada penilaian skala likert dan menggunakan model AISAS untuk menganalisisnya. Hasil penelitian yang didapatkan 1) Terpaan media sosial tiktok dalam aspek perhatian sebesar 80% dikategorikan tinggi, aspek penghayatan sebesar 60% dikategorikan cukup tinggi, durasi mengakses Tiktok sebesar 70% dikategorikan tinggi, dan frekuensi mengakses Tiktok sebesar 73% dikategorikan tinggi 2) Efektivitas promosi produk Bittersweet By Najla, yang disesuaikan dengan dimensi keseluruhan berada pada kategori “baik”. Dimensi attention memiliki nilai efektivitas 80%, dimensi Interest memiliki nilai efektivitas 77%, dimensi Search memiliki nilai efektivitas 72%, dimensi action memiliki nilai efektivitas 76%, dan Share memiliki nilai efektivitas 67%.
Kata Kunci: Terpaan Media, Efektivitas Terpaan Media, Tiktok, Promosi Media, Bittersweet by Najla
Tiktok application is one of the media used by Indonesian people for entertainment, education, and business marketing activities. One businessman who is active in using teh Tiktok application as digital masketing is @bittersweetbynajla. Bittersweet by Najla is self is a company that is claimed to be the pioneer of the number 1 dessert box in Indonesia. This study was structured with the aim of measuring the effectiviveness of Tiktok media exposure as a means of promoting Bittersweet by Najla products. This research uses survey study method by using quantitative research type. Collecting data through questionnaires with 100 respondents referring to the Likert scale and used the AISAS model to analize. The results obtained 1) Tiktok social media exposure in the aspect of attention is 80% categorized as high, 60% is categorized as high enough, the duration of accessing Tiktok is 70% is categorized as high, and the frequency of accessing Tiktok is 73% categorized as high 2) Promotion effectiveness Bittersweet By Najla's products, which are adjusted for dimensions, are all in the “good” category. The attention dimension has an effectiveness value of 80%, the Interest dimension has an effectiveness value of 77%, the Search dimension has an effectiveness value of 72%, the action dimension has an effectiveness value of 76%, and Share has an effectiveness value of 67%.
Keywords: Media Exposure, Effectiveness Media Exposure, Media Promotion, Bittersweet By Najla