EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA BUDAYA KAMPUNG KEMASAN GRESIK
Etnomatematika merupakan perpaduan matematika dengan budaya suatu kelompok masyarakat yang telah ada sejak dulu. Unsur budaya di kampung Kemasan Gresik yang masih dilestarikan yaitu tempat tinggal (bangunan rumah tua di kampung Kemasan Gresik), dan kesenian yaitu kesenian tari tradisional (tari Pencak Macan Gresik dan alat musik pengiring tari Pencak Macan). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk etnomatematika pada bangunan tua kampung Kemasan Gresik, bentuk etnomatematika pada gerakan tari Pencak Macan Gresik, serta bentuk etnomatematika pada alat musik pengiring tari Pencak Macan Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrument utama adalah peneliti sendiri. Instrumen bantu dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan wawancara. Cara mengambil data dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis kompenen, dan analisis tema kultural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada bentuk bagian dari bangunan rumah di kampung Kemasan Gresik terdapat konsep matematika yaitu konsep bangun datar (segitiga siku-siku, lingkaran, persegi, segitiga sama sisi, trapesium sama kaki, segi enam beraturan, belah ketupat, dan persegi panjang), konsep bangun ruang (prisma, tabung, limas terpancung, balok, dan kubus). Pada gerakan tari Pencak Macan Gresik terdapat konsep matematika yaitu konsep sudut (sudut siku-siku, sudut tumpul, dan sudut lancip), konsep bangun datar (gabungan dua bangun datar, dan segitiga lancip), dan konsep kesejajaran garis. Pada alat musik pengiring tari Pencak Macan Gresik terdapat konsep matematika yaitu konsep bangun datar (lingkaran, belah ketupat, persegi, segitiga sama kaki, trapesium, dan persegi panjang), konsep bangun ruang (dua kerucut terpancung digabungkan, tabung, bola, dan setengah bola), dan kedudukan dua garis (dua garis sejajar, dan dua garis berpotongan). Konsep matematika yang ditemukan pada bangunan tua kampung Kemasan Gresik dan tari Pencak Macan dapat diimplikasikan pada proses pembelajaran matematika tingkat SMP dengan menghubungkan materi matematika dengan budaya sekitar.
Ethnomathematics is a blend of mathematics with the culture of a community group that has existed for a long time. The cultural elements in the Kemasan village Gresik that are still preserved are the residence (the old house building in the village of packaging Gresik), and art of traditional dance (Pencak Macan Gresik dance and musical instruments accompanying the Pencak Macan dance). This study aims to describe the ethnomathematics form of the old building of Kemasan village Gresik, the ethnomathematical form of the Pencak Macan dance movement, and the ethnomathematical form of dance movement of the musical accompaniment of the Pencak Macan Gresik dance. This research is a qualitative research with an ethnographic approach. The main instrument in this research is the researcher herself. The auxiliary instruments in this study were observation sheets and interviews. The methods of collecting data in this research is observation and interviews. The method of collecting data in this research is observation and interview. Data analysis techniques in this study are domain analysis, taxonomic analysis, component analysis, and cultural theme analysis. The results of this study indicate that in the shape of the part of the house building in the Kemasan village Gresik there are mathematical concepts, namely flat shapes (right triangle, circle, square, aquilateral triangle, issceles trapezoid, regular hexagon, rhombus, and rectangle), and geometric shapes (prisms, tubes, truncated pyramids, blocks, and cubes). In the Pencak Macan Gresik dance movement there are mathematical concepts, namely angles (right angles, obtuse angles, and acute angles), flat shapes (a combination of two flat shapes, and an acute triangle), and line parallelism concept. In the musical instrument that accompanies the Pencak Macan Gresik dance there are mathematical concepts, flat shapes (circle, rhombus, square, isosceles triangle, trapezoid, and rectangle), space shapes (a combination of two or more shapes, two truncated cones combined, tubes, spheres, and hemispheres), two line position (two parallel lines, and two intersecting lines). The mathematical concepts found in the old bulding of the Kemasan village Gresik and the Pencak Macan Gresik dance can be implicated in the process of learning mathematics at the junior high school level by connecting mathematics material with the surrounding culture.