Manajemen Inovasi Pendidikan dalam Mewujudkan Sekolah Efektif ( Studi Multi Situs di SD Al Hikmah Surabaya dan SD Al Falah Surabaya)
Management of Educational Innovation in Creating Effective Schools (Multi Site Study at SD Al Hikmah Surabaya and SD Al Falah Surabaya)
Ahmad Matinul Haq. 2022. Manajemen Inovasi Pendidikan dalam Mewujudkan Sekolah Efektif (Studi Multi Situs di SD Al Hikmah Surabaya dan SD Al Falah Surabaya). Tesis, Program Studi S2 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd. dan (II) Dr. Nunuk Hariyati, M. Pd.
Kata Kunci: Manajemen Inovasi, Inovasi Pendidikan, Sekolah Efektif
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis data tentang manajemen inovasi pendidikan dalam mewujudkan sekolah efektif di Kota Surabaya. Komponen manajemen inovasi ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan, pengevaluasian, dan tindak lanjut inovasi pendidikan dalam mewujudkan sekolah efektif SD Al Hikmah Surabaya dan SD Al Falah Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multi situs, maka dalam menganalisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu: (1) analisis data kasus individu (individual case), dan (2) analisis data lintas situs. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependebilitas, dan uji konfirmabilitas
Hasil penelitian terkait manajemen inovasi pendidikan dalam mewujudkan sekolah efektif (Studi Multi Situs di SD Al Hikmah Surabaya dan SD Al Falah Surabaya) menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Inovasi Pendidikan dalam Mewujudkan Sekolah Efektif tergolong baik, aspek perencanaannya meliputi (a) Adanya latar belakang dengan pendekatan yang holistik dan terkoordinasi dalam mengembangkan inovasi pendidikan; (b) Perencanaan inovasi mendasarkan pada visi, misi, dan tujuan sekolah; (c) Perencanaan dilakukan melalui keterlibatan aktif semua elemen sekolah; (d) Kesiapan guru menjadi faktor kunci dalam merancang inovasi pendidikan yang efektif; (e) Peran tenaga kependidikan sebagai pendukung utama pelaksanaan kegiatan inovasi; (f) Perencanaan yang matang, kolaborasi internal dan eksternal, serta pemetaan kebutuhan menjadi elemen kunci dalam mendukung inovasi dan pengembangan sarana prasarana sekolah; (g) Peran pusat sumber belajar, pengembangan e-learning, fokus pada pengembangan keterampilan siswa, dan kolaborasi antar unit sekolah menjadi elemen kunci dalam perencanaan inovasi terkait alat dan media pembelajaran; (h) Koordinasi antara tim manajemen, guru, dan lembaga pendidikan merupakan faktor kunci dalam keberhasilan pembiayaan dan pengelolaan dana sekolah. (2) Pelaksanaan Inovasi Pendidikan dalam Mewujudkan Sekolah Efektif tergolong baik, aspek pelaksanaannya meliputi (a) Kontekstualisasi materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa juga menjadi faktor kunci dalam keberhasilan pembelajaran; (b) Adaptasi dengan kebutuhan pembelajaran dan mengidentifikasi area-area perbaikan; dan (c) Budaya positif dan kolaboratif di sekolah juga menjadi faktor penting yang mendukung respon aktif dan partisipatif siswa. (3) Pengevaluasian Inovasi Pendidikan dalam Mewujudkan Sekolah Efektif tergolong baik, aspek evaluasinya adalah (a) Capaian siswa diukur melalui observasi, rekapitulasi nilai, dan hasil rata-rata rapor, yang menunjukkan peningkatan yang signifikan; (b) Dampak positif pada capaian wawasan siswa, termasuk peningkatan prestasi belajar, keterampilan, dan daya saing; (c) Inovasi pendidikan dan dukungan sekolah sangat berpengaruh terhadap perkembangan bakat dan minat siswa; (d) Pemanfaatan E-learning dan pembelajaran diferensiasi, memiliki dampak positif pada capaian sikap dan tindakan siswa; (e) Monitoring terus-menerus memainkan peran kunci dalam memastikan kesuksesan dan keberlanjutan dari perubahan budaya sekolah; (f) Evaluasi dilakukan pada berbagai tingkatan, termasuk akademis, sosial, dan pengalaman siswa; dan (g) Melalui proses evaluasi yang menyeluruh dan melibatkan berbagai pihak, sekolah dapat memastikan bahwa keputusan yang diambil mendukung tujuan dan visi sekolah serta meningkatkan efektivitas inovasi-inovasi yang diterapkan. (4) Tindak Lanjut Inovasi Pendidikan dalam Mewujudkan Sekolah Efektif tergolong sangat baik, aspek tindak lanjutnya meliputi (a) Adaptasi terhadap perubahan global dan penerapan strategi pemasaran digital, berperan penting dalam menarik minat orang tua dan meningkatkan jumlah penerimaan siswa baru di sekolah; (b) Inovasi yang diterapkan di sekolah memberikan dampak positif pada tingkat kelulusan siswa, kesiapan mereka untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya, dan peningkatan kualitas siswa secara keseluruhan; (c) Strategi pemeliharaan dan pengembangan prestasi siswa sebagai tindakan yang tepat perlu terus dilakukan untuk mendukung optimalisasi potensi siswa; (d) Prestasi sekolah dipahami sebagai hasil dari koordinasi dan integrasi seluruh aspek pembelajaran, manajemen, dan inovasi; (e) Kolaborasi yang baik antara sekolah, guru, dan orang tua menciptakan lingkungan pendidikan yang positif dan mendukung perkembangan siswa; (f) Perubahan budaya dan resistensi terhadap inovasi sering kali menjadi tantangan, dan penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan holistik yang melibatkan berbagai unsur di sekolah, seperti komunikasi yang efektif, edukasi, dan penyesuaian visi dan misi, dapat membantu mengatasi hambatan tersebut.
Ahmad Matinul Haq. 2022. Management of Educational Innovation in Creating Effective Schools (Multi Site Study at SD Al Hikmah Surabaya and SD Al Falah Surabaya). Thesis, Master of Educational Management Study Program, Faculty of Education, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Prof. Sujarwanto, M.Pd. and (II) Dr. Nunuk Hariyati, M.Pd.
Keywords: Innovation Management, Educational Innovation, Effective Schools
This research aims to describe and analyze data regarding educational innovation management in creating effective schools in the city of Surabaya. The innovation management component is reviewed from planning, implementing, evaluating and following up educational innovation in creating effective schools at SD Al Hikmah Surabaya and SD Al Falah Surabaya. This research uses a qualitative approach with a multi-site study research design, so data analysis is carried out in two stages, namely: (1) individual case data analysis, and (2) cross-site data analysis. Data collection used participant observation techniques, in-depth interviews, and documentation studies. The validity of the data in this research was carried out by a credibility test, transferability test, dependability test and confirmability test
The results of research related to the management of educational innovation in creating effective schools (Multi Site Study at SD Al Hikmah Surabaya and SD Al Falah Surabaya) show that (1) Planning for Educational Innovation in Creating Effective Schools is classified as good, the planning aspects include (a) The existence of a background with a holistic and coordinated approach in developing educational innovation; (b) Innovation planning is based on the school's vision, mission and goals; (c) Planning is carried out through active involvement of all school elements; (d) Teacher readiness is a key factor in designing effective educational innovations; (e) The role of educational staff as the main supporter of the implementation of innovation activities; (f) Careful planning, internal and external collaboration, and needs mapping are key elements in supporting innovation and development of school infrastructure; (g) The role of learning resource centers, e-learning development, focus on developing student skills, and collaboration between school units are key elements in planning innovations related to learning tools and media; (h) Coordination between the management team, teachers and educational institutions is a key factor in the success of financing and managing school funds. (2) The implementation of educational innovation in creating effective schools is considered good, aspects of its implementation include (a) contextualization of learning materials with students' daily lives which is also a key factor in successful learning; (b) Adapt to learning needs and identify areas of improvement; and (c) A positive and collaborative culture at school is also an important factor that supports students' active and participatory responses. (3) Evaluation of Educational Innovation in Creating Effective Schools is classified as good, the evaluation aspects are (a) Student achievement is measured through observation, grade recapitulation, and average report card results, which show significant improvement; (b) Positive impact on student achievement, including increasing learning achievement, skills and competitiveness; (c) Educational innovation and school support greatly influence the development of students' talents and interests; (d) The use of E-learning and differentiated learning has a positive impact on student attitudes and actions; (e) Continuous monitoring plays a key role in ensuring the success and sustainability of school culture change; (f) Evaluation is conducted at various levels, including academic, social, and student experience; and (g) Through a comprehensive evaluation process involving various parties, schools can ensure that the decisions taken support the school's goals and vision and increase the effectiveness of the innovations implemented. (4) The follow-up to educational innovation in creating effective schools is classified as very good, the follow-up aspects include (a) Adaptation to global changes and the implementation of digital marketing strategies, which play an important role in attracting the interest of parents and increasing the number of new student admissions to schools; (b) Innovations implemented in schools have a positive impact on student graduation rates, their readiness to continue to the next level, and improve the overall quality of students; (c) Strategies for maintaining and developing student achievement as appropriate actions need to continue to be carried out to support the optimization of student potential; (d) School achievement is understood as the result of coordination and integration of all aspects of learning, management and innovation; (e) Good collaboration between schools, teachers and parents creates a positive educational environment and supports student development; (f) Cultural change and resistance to innovation are often challenges, and this research shows that a holistic approach involving various elements in schools, such as effective communication, education, and adjusting the vision and mission, can help overcome these obstacles.