Proses berpikir kreatif adalah suatu tahapan yang digunakan seseorang dalam menghasilkan ide baru dan alternatif cara/jawaban meliputi tahapan persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. Pemecahan masalah digunakan untuk menentukan solusi atau jawaban menggunakan pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki. Masalah yang digunakan berupa soal PISA dengan konten space and shape. Soal PISA adalah soal yang digunakan untuk mengukur berpikir tingkat tinggi termasuk berpikir kreatif dan pemecahan masalah memuat proses, konten dan konteks. Setiap individu memiliki cara tersendiri dalam menyerap informasi dan memecahkan suatu masalah yang dinamakan gaya belajar. Gaya belajar yang digunakan pada gaya belajar global dan analitik.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah soal PISA dengan gaya belajar global dan analitik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 di kelas X-IPA 1 SMA Negeri 8 Kediri. Subjek penelitian yang diambil dua peserta didik masing-masing gaya belajar global dan analitik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, tes berpikir kreatif dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah soal PISA dengan gaya belajar global melalui empat tahapan Wallas meliputi tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. Peserta didik mengerjakan soal PISA dengan dua cara berbeda namun hasil pengerjaan tidak secara runtut, tidak menuliskan rumus dasar dan ada yang menuliskan hasil akhir saja. Ketika tahap inkubasi, peserta didik mengalami kejenuhan dan kesulitan pengerjaan pada salah satu cara yang ditemukan akibatnya peserta didik melakukan berdiam diri sejenak untuk memikirkan langkah selanjutnya. (2) Proses berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah soal PISA dengan gaya belajar analitik juga melalui empat tahapan Wallas meliputi tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. Peserta didik mengerjakan soal PISA dengan dua cara berbeda. Hasil pengerjaan dituliskan secara runtut, langkah demi langkah dituliskan jelas, rinci walaupun tidak menuliskan rumus dasarnya. Ketika tahap inkubasi, peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan namun hanya mengalami kejenuhan saja. Hal ini peserta didik tidak mengalami proses berdiam diri sejenak untuk memikirkan soal PISA yang diberikan.
Kata Kunci: Proses berpikir kreatif, soal PISA, gaya belajar.
The process of creative thinking is a step that someone uses in produce new ideas and alternative ways/answer include the preparation, incubation, illumination and verification. Problem solving is used to determine solutions whose truth is unknown. The problem used is PISA problems with space and shape content. PISA problems is the problems used to measure higher-order thinking include creative thinking and problem solving which is containt of process, content and context. Each individual has their own characteristics to absorbing information and solving a problem. This characteristics is learning style. This research focuses on global and analytic learning style.
The purpose of this research to describe students creative thinking processes in PISA problem solving with global and analytic learning style. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The research was hold in the odd semester of the 2019/2020 school year in class X-IPA 1 of Senior High School 8 Kediri. The research subjects were taken by two students each in global and analytic learning style. Data collection techniques use learning style questionnaires, creative thinking tests and interviews.
The result of this research showed that (1) students creative thinking processess in PISA problem solving with global learning style can through four steps of Wallas include preparation, incubation, illumination and verification. The student can do PISA problem in two different ways but the result are not coherent, do not write the basic formula and some write the final answer. When the incubation stage, student was saturation and difficulty on one of the ways which is found. As an effect student do silence for a moment to think about the next step. (2) The students creative thinking processes in PISA problem solving with analytic learning style can also through four steps of Wallas including preparation, incubation, illumination and verification. The student can do PISA problem in two different ways. The result are written coherently, step by step written clearly, altought did not writting the basic formula. When incubation step, student not have problem in doing PISA problem but only saturation. The student didn’t silence for a moment to think about PISA problem given.
Keywords: creative thinking process, PISA, learning style